Merawat Tanaman

Merawat Tanaman Hasil Beli Online Supaya Tidak Layu

Posted on 361 views

Membeli bibit tanaman secara online butuh perawatan khusus supaya ketika ditanam tidak layu yang berujung kematian. Maka dari itu sebaiknya Anda memahami tips merawat tanaman hasil beli online sebelum membelinya.

Perawatan yang dimaksud adalah pra dan pasca pembelian bibit, karena kalau langsung ditanam tanpa mempersiapkan medianya hasilnya bisa layu. Ide penulisan ini berdasarkan pengalaman TERAA.NET sendiri yang langsung beli bibit tanaman di martketplace, sesampainya di rumah langsung dipindahkan ke polybag menggunakan media tanam seadanya yaitu tanah.

Setelah dipindahkan ke polybag daun tetap layu dan butuh kisaran 2 minggu baru kelihatan segar, padahal kalau dirawat dengan baik dan benar sesuai ilmu pertanian maka dalam waktu 3 sampai 4 hari sudah segar. Ketika bibit tanamanya sudah segar bisa ditanam di tanah atau pot (tabulampot).

Sebelum menuju tahap pembahasan sebaiknya baca dulu “Tips Memilih Bibit Tanaman Cepat Berbuah Hasil Beli Online” supaya mendapatkan bibit yang baik.

 

Tips Merawat Tanaman Hasil Beli Online

 

1. Siapkan Media Tanam Yang Baik

1 minggu sebelum membeli bibit tanaman siapkan media tanamnya dengan harapan sesampainya tiba di rumah siap digunakan untuk menanam. Media tanam yang baik adalah memiliki tekstur tanah gembur untuk menyalurkan sirkulasi udara dan bisa menyimpan kadar air untuk perakaran.

Berikut ini adalah contoh beberapa media tanam yang bisa Anda gunakan:

Media tanam tanah + sekam + pupuk kompos

Perbandingannya adalah 2:1:1, bisa menggunakan sekam biasa atau yang sudah dibakar. Kalau ada waktu luang untuk membakarnya lebih baik pakai sekam bakar.

Media tanam tanah + cocopeat + pupuk kompos

Perbandingannya adalah 2:1:1, Anda dapat memanfaatkan serabut kulit kelapa yang sudah dihaluskan sebagai campuran media tanam yang baik dengan dikombinasikan pupuk kompos.

Media tanam tanah humus + pupuk kandang

Perbandingannya adalah 2:1, bila sulit mencari sekam dan cocopeat bisa pakai tanah humus yang dicampur dengan pupuk kandang. Tanah humus adalah hasil pelapukan dedaunan yang umumnya terdapat dikebun yang jarang dijamah manusia.

Tekstur tanahnya berwarna hitam dan sangat gembur, sedangkan pupuk kandang yang digunakan adalah kotoran kambing yang sudah kering. Ingat, yang sudah kering lho ya untuk menghindari jamur.

Media tanam tanah biasa + pupuk NPTK

Opsi media tanam yang terakhir adalah tanah biasa yang dicampur dengan pupuk NPTK. Boleh Anda lakukan bila semua media tanam di atas tidak ada. Masukkan tanah ke dalam polybag kemudian tanam bibit hasil beli online. Siram dengan air setiap pagi dan sore, baru setelah 2 minggu dikasih pupuk NPK dengan cara dibenam.

 

2. Tambahkan Vitamin B1

Bukan hanya manusia saja yang butuh vitamin, tanaman juga butuh. Vitamin B1 dapat mengurangi stres ketika bibit tanaman dipindahkan ke media tanam yang baru.

Ada yang merekomendasikan untuk merendam akar di Vitamin B1, tetapi cara ini tidak dianjurkan karena nanti tanah/ media tanam yang ada pada akar tersebut akan lepas.

Cara yang benar adalah campur larutan Vitamin B1 dengan air, pindahkan bibit tanaman ke polybag kemudian siram dengan larutan B1. Taruh di tempat yang teduh jangan disiram lagi selama 2 hari.

 

3. Jangan Langsung Ditaruh di Bawah Terik Sinar Matahari

Kesalahan yang sering dilakukan oleh sebagian besar orang ketika membeli bibit tanaman secara online adalah langsung ditaruh di bawah sinar matahari setelah memindahkannya ke polybag. Hasilnya daunnya semakin layu dan rontok, bahkan bisa mati.

Taruh dulu di tempat yang teduh, misalnya di bawah daun pisang atau paranet. Biarkan selama 3 sampai 4 hari hingga daunnya segar baru boleh ditaruh di bawah sinar matahari.

 

4. Kalau Bibit Datangnya Malam Taruh Ditempat Lembap

Kurir mengirimkan paket ada yang siang, sore, bahkan malam hari. Kalau datangnya malam dan tidak sempat memindahkannya ke media tanam sebaiknya taruh ditempat yang lembap. Ingat jangan direndam akarnya karena media tanam yang menempel akan larut.

Kasih sedikit air dengan percikan air saja, baik media tanam pada akar dan daunnya. Keesokan harinya dipindahkan ke polybag.

Demikianlah informasi cara merawat tanaman yang baik dan benar hasil beli online dan semoga dapat memberikan manfaat untuk Anda khususnya yang mempunyai hobi bercocok tanam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.