power point menjadi video

Cara Merubah Power Point Menjadi Video (Terbaru)

Posted on 55 views

Microsoft Power Point telah menyematkan fitur untuk merubah file Power Point Presentation menjadi sebuah video, namun sayangnya hanya sedikit orang yang mengetahuinya padahal kalau dimanfaatkan dengan sebaik mungkin dapat digunakan untuk membuat video pembelajaran dan video marketing yang sangat menarik.

Banyaknya dukungan animasi yang terdapat pada Microsoft Power Point dapat membuat slide animation lebih menarik sehingga kalau dibuatkan video hasilnya tidak kalah jauh ketika menggunakan Adobe Premiere Pro.

Untuk keperluan marketing, di internet tersedia beragam template siap pakai yang dapat Anda gunakan untuk memasarkan sebuah produk. Cara penggunaannya cukup mudah, tinggal klik dan klik maka video sudah jadi. Kalau ingin menambahkan foto tanpa background di Microsoft Power Point perlu sedikit penguasaan Adobe Photoshop.

Tidak semua Microsoft Power Point bisa digunakan untuk merubah file .ptt menjadi video, hanya versi 2010, 2013, 2016, dan yang terbaru 2019. Kalau masih memakai versi lama update terlebih dahulu dengan yang baru supaya bisa membuat video animasi.

Bagus dan tidaknya video yang dibuat dari Microsoft Power Point tergantung dari penggunanya itu sendiri, kalau telaten pasti hasilnya bagus. Anda dapat menambahkan file audio, gambar bergerak, dan animasi lain sesuai dengan keinginan.

Baca: Cara Mengecilkan Ukuran File .PDF

Cara membuat video dengan Microsoft Power Point cukup mudah sekali selayaknya membuat file .PDF dari Microsoft Office Word. Proses convertnya terletak pada opsi penyimpanan file, yaitu dengan merubah defaultnya .pptx menjadi .MPEG-4.

 

Cara Merubah Power Point Menjadi Video

1. Buka Microsoft Power Point kemudian buat presentasi seperti biasa
2. Setelah file presentasinya jadi simpan dengan memilih menu File > Save As
3. Default penyimpanannya adalah format .pptx, ubah menjadi MPEG-4 Video pada pilihan Save as Type
4. Simpan/ Save, tunggu proses covert hingga selesai
Save as Video pada Power Point
5. Selamat Anda berhasil merubah file presentasi menjadi video. Silahkan putar filenya dan lihat hasilnya.

 

Kelebihan dan Kekurangan Membuat Video Dengan Microsoft Office Power Point

Kelebihannya adalah bisa membuat video animasi dengan mudah, penggunaannya cukup mudah bila dibandingkan dengan aplikasi khusus editing video. Kelemahannya setelah merubah file presentation menjadi video adalah formatnya tidak bisa dikendalikan sesuai fungsi presentasi. Anda tidak dapat menjalankan per slide karena sudah menjadi file video.

Semua tergantung dari Anda sendiri, tujuan dibuatnya video ini untuk apa. Kalau untuk presentasi mendingan pakai .pptx, kalau untuk video sekali putar pakai MPEG-4.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.