VGA Card Terbaik

Daftar Merek VGA Card Terbaik dan Awet

Posted on 34 views

VGA Card adalah komponen komputer yang berfungsi menampilkan gambar pada layar monitor. Macamnya ada 2 yaitu terintegrasi dengan GPU (onboard) dan terpisah yang dipasang pada slot PCI Exspress (discrete). Para enthusiast yang menginginkan perfoma lebih pasti memilih menggunakan VGA Card terpisah dengan GPU. Memilih merek VGA Card terbaik dan awet bukanlah perkara gampang, pasalnya Anda harus mempunyai pengalaman dari berbagai merek kemudian dapat menyimpulkan apakah terbaik atau tidak.

Atau dengan mencari referensi seperti yang dibahas oleh TERAA.NET berikut ini. Yang perlu diperhatikan adalah pengalaman setiap orang dalam menggunakan produk tertentu hasilnya berbeda-beda sehingga tidak bisa dijadikan patokan. Tetapi dapat membantu Anda menemukan VGA Card terbaik untuk merakit komputer.

Memilih VGA Card terbaik dan awet penting sekali untuk Anda yang baru pertama kali merakit komputer, biasanya dipusingkan dengan banyaknya pilihan hardware dari berbagai merek. Jangan sampai pilihan Anda salah sehingga dalam pemakaian satu atau dua tahun saja sudah rusak, sayang kan?

 

Pertimbangan Membeli VGA Card Kualitas Bagus

Beberapa pertimbangan yang perlu diperhatikan ketika ingin membeli VGA Card terbaik dan awet seperti berikut ini:

 

1. Perhatikan Eksistensinya

Produsen hardware komputer seperti ASUS, MSI, dan Gigabyte eksistensinya telah ada sejak dulu bahkan sebelum Intel Core i dibuat oleh Intel. Mereka fokus pada pengembangan motherboard dan VGA Card sehingga telah berpengalaman selama puluhan tahun memproduksi hardware terbaik.

Jangan pilih para pendatang baru yang eksistensi dan reputasinya masih dipertanyakan, kalau tujuannya untuk jualan tidak masalah namun ketika ingin membeli VGA Card untuk merakit komputer pribadi lebih baik ambil dari brand besar tersebut.

 

2. Perhatikan Umur Garansinya

Jangan mudah tergoda dengan iming-iming lifetime warranty, pada dasarnya tidak ada yang menjamin seperti itu. Untuk VGA Card paling lama garansinya tiga tahun, ada yang dua tahun, dan satu tahun.

Yang berani memberi garansi tiga tahun biasanya dengan rincian sebagai berikut: tahun pertama replace, tahun kedua ganti suku cadang, dan tahun ketiga gratis biaya service.

Merek VGA Card yang memberi garansi tiga tahun saat ini: Gigabyte, EVGA, Palit.

 

3. Teknologi Pendingin VGA Card

Chipset yang digunakan untuk VGA Card pada dasarnya sama yaitu berasal dari NVIDIA atau AMD. Setelah itu tinggal inovasi dari berbagai produsen mau bikin VGA Card seperti apa. Secara umum perfomanya sama, yang berbeda di teknolologi pendinginnya.

VGA Card terbaik biasanya hanya menggunakan satu kipas dan cover tembaga sebagai pendinginnya, sedangkan VGA Card sedang sekarang menggunakan dua kipas dan cover dari plastik.

Kenapa menggunakan plastik? karena untuk menjangkau pengguna komputer dengan dana terbatas. VGA Card tersebut murah namun didinginkan dengan dua kipas, kalau menggunakan cover tembaga cukup satu kipas. Anda bisa memperoleh informasi ini di Tech Power Up (GPU) karena ditampilkan detailnya secara lengkap.

 

4. Konsumsi Daya

Disaat lagi naiknya tarif listrik memilih VGA Card terbaik harus memperhatikan konsumsi daya. Kalau dulu listrik menjadi pertimbangan kedua setelah perfoma sehingga disebut sahabat PLN. Seiring berjalannya waktu bukan fokus pada perfoma saja tetapi konsumsi daya juga mendapatkan perhatian khusus dari produsen VGA Card.

Soal daya tidak bisa dipungkiri kalau NVIDIA lebih irit dari AMD, cukup menggunakan Power Supply 500 watt sudah cukup.

 

5. Pilih VGA Card Yang Memiliki Jumlah Core Terbanyak

Tahukah Anda bahwa aplikasi/ software sekarang ini dikembangkan untuk bekerja menggunakan core. Untuk itu penting sekali memilih VGA Card yang mempunyai core terbanyak (kalau di NVIDIA disebut Cuda Core), AMD memakai Core Units. Jumlah core ini nantinya dipadukan dengan core yang ada diprosesor sehingga mempercepat rendering dalam game dan editing.

Baca: Pilih VGA Card NVIDIA atau AMD? Bagus NVIDIA atau AMD?

 

Daftar Merek VGA Card Terbaik Untuk NVIDIA dan AMD

Berikut ini merupakan produsen pembuat VGA Card baik untuk NVIDIA dan AMD. Selain yang disebutkan ini mendingan jangan beli karena di luar sana banyak VGA Card fake yang memakai chipset lama kemudian dikemas menyerupai VGA Card baru.

Produsen ini membuat VGA Card untuk NVIDIA dan AMD:

  1. Gigabyte
  2. EVGA
  3. MSI
  4. ASUS
  5. Gainward
  6. Galax
  7. INNO3D
  8. Palit
  9. Digitall Aliance
  10. Biostar.

Produsen yang hanya membuat VGA Card untuk NVIDIA:

  1. Leadtek Quadro
  2. Zotac
  3. Mali.

Produsen yang hanya membuat VGA Card untuk AMD:

  1. Shappire
  2. XFX
  3. ASrock
  4. Power Color
  5. HIS
  6. Firepro.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.