Merek LED Monitor Terbaik

Merek LED Monitor Terbaik dan Paling Awet

Posted on 31 views

LED Monitor adalah perangkat elektronik yang berfungsi menampilkan gambar dari komputer. Mirip dengan LED TV, bedanya terletak pada kegunaannya. LED Monitor memiliki kerapatan warna yang tinggi sehingga gambarnya kelihatan tajam. Dari beberapa merek LED Monitor manakah yang paling bagus? berikut ini adalah merek LED Monitor terbaik dan paling awet yang mudah ditemui di pasaran.

Sebelum membeli LED Monitor pastikan telah mencari referensi yang cukup berdasarkan pengalaman pengguna sehingga harapannya cukup dengan sekali beli bisa dipakai selama-lamanya. Jangan sampai satu atau dua tahun sudah rusak, rugi kan?

Membeli LED Monitor tidak boleh sembarangan, artinya harus menyesuaikan konektor display yang ada pada VGA Card. Hindari membeli LED Monitor yang masih menggunakan konektor VGA, sekarang sudah memakai HDMI dan Display Port.

Tanpa memperhatikan konektor display pada VGA kesalahan beli monitor seperti yang dialami TERAA.NET bisa terjadi. VGA Card yang digunakan tidak ada konektor VGA sedangkan LED Monitornya masih menggunakan VGA. Supaya bisa terhubung harus memakai konverter HDMI to VGA.

Resolusi yang ditampilkan tidak sebagus ketika menggunakan LED Monitor yang support HDMI, konverter ini hanya bertugas mengkovert HDMI ke VGA sehingga yang ditampilkan seadanya saja. Terkadang LED Monitornya tidak kuat mengimbangi kecepatan VGA Card yang berujung blank.

 

Pertimbangan Memilih LED Monitor

Produsen VGA Card di dunia ini ada 3 yaitu AMD, NVIDIA, dan Intel. Dari ketiga produsen tersebut yang membuat VGA Card terpisah (discrete) hanya AMD dan NVIDIA.

AMD mempunyai teknologi yang disebut FreeSync sedangan NVIDIA disebut G-Sync. Dalam memilih LED Monitor pastikan support FreeSync dan G-Sync sehingga FPS bisa tinggi seperti kemampuan pada VGA Card. Kebanyakan pada memakai LED Monitor biasa sehingga gambarnya tidak bisa halus karena masalah screen tearing dan stuttering muncul.

Pertimbangan selanjutnya seperti yang dijelaskan di atas yaitu menyesuaikan kebutuhan konektor antara VGA Card LED Monitor.

Baca: Mengenal Teknologi G-Sync Dari NVIDIA
Baca: Pengertian AMD FreeSync Serta Pengaruhnya Terhadap Gambar

 

Daftar Merek LED Monitor Terbaik

Berikut ini daftar 10 merek LED Monitor Terbaik menurut TERAA.NET:

1. ASUS ROG

ASUS memproduksi LED Monitor yang terbagi dalam dua kelas yaitu pengguna biasa dan gaming, khusus untuk gaming diberi nama ASUS ROG. Semua LED Monitor buatan ASUS ini rata-rata memiliki durabilitas yang tinggi hingga bertahan sampai 5 tahun lebih.

Bila Anda menginginkan pengalaman yang berbeda ketika bermain game tidak ada salahnya membeli LED Monitor ASUS ROG. Desain yang cukup menarik dengan logo mata melotot membuatnya disukai para kawula muda.

2. Aorus Gigabyte

Gigabyte mempunyai kelas gaming yang disebut Aorus, selain memproduksi motherboard dan VGA Card kini juga berinovasi dengan LED Monitor. Harga monitornya cukup mahal namun sepadan dengan build quality dan teknologi di dalamnya.

Monitor Aorus Gigabyte cocok disandingkan dengan komputer dekstop yang di dalamnya full Aorus sehingga memberikan nilai lebih untuk berlama-lama di depan monitor.

3. MSI Optix

Tak mau kalah dengan kompetitornya akhirnya MSI memproduksi LED Monitor untuk gaming yang diberi nama MSI Optix. LED Monitornya mudah ditemui di toko online dengan harga yang cukup bersaing. Bila Anda mempunyai pengalaman buruk dengan LED Monitor lain tidak ada salahnya membeli MSI Optix.

Soal kualitas dan keawetannya tidak perlu diragukan lagi karena MSI merupakan perusahaan komputer terbesar selain Gigabyte dan ASUS.

4. Samsung

Merek yang satu ini tidak perlu ditanyakan lagi kualitasnya karena produknya ada dimana-mana. Hampir semua toko komputer baik offline maupun online menjual LED Monitor Samsung.

Samsung cukup berinovasi dalam memproduksi LED Monitor seperti layar cekung (curved) yang bisa memanjakan mata. Harganya sangat bervariasi dari yang murah hingga paling mahal juga ada sehingga LED Monitor Samsung menyasar seluruh kalangan masyarakat.

5. LG

Perusahaan ini dulunya terkenal sebagai brand TV terbaik, seiring berjalannya waktu juga membuat LED Monitor untuk komputer. Pengalaman mereka selama puluhan tahun memproduksi monitor tentu menghadirkan LED Monitor LG yang cukup bagus.

LG juga mengaplikasikan teknologi FreeSync milik AMD untuk menampilkan gambar yang halus. Pengguna VGA Card NVIDIA juga bisa menggunakannya karena sekarang G-Sync telah support FreeSync.

6. BenQ

LED Monitor BenQ sebenarnya bagus sekali namun hanya sedikit orang yang memakainya. Padahal BenQ telah bekerja sama dengan NVIDIA untuk memproduksi LED Monitor yang support G-Sync.

7. HP

Perusahaan asal Amerika Serikat ini sama seperti ASUS yang memproduksi beragam peralatan komputer. Biasanya LED Monitor HP dijual sepaket dengan Komputer Dekstop (PC), namun sekarang mulai dijual terpisah. Silahkan cari di toko online pasti menemukan LED Monitor HP.

8. Acer

Sejak dulu Acer juga memproduksi LED Monitor bahkan sampai sekarang. Meskipun variannya tidak banyak, LED Monitor buatannya cukup bisa diandalkan untuk kerja sehari-hari maupun bermain game. Bila Anda merindukan kejayaan  Acer bisa mencoba menggunakan LED Monitor Acer hehe.

9. View Sonic

Namanya memang kurang begitu familiar, namun melihat banyaknya animo masyarakat yang membeli View Sonic menjadikannya sebagai LED Monitor terbaik. Di luar negeri View Sonic banyak sekali mendapatkan penghargaan sebagai LED Monitor terbaik karena inovasinya yang ciamik.

10. AOC

AOC merupakan Led Monitor yang sering dipakai oleh pengusaha warnet, dulu ketika masih hobi main Friendster di warnet monitornya semua AOC. Artinya selain harganya yang murah LED Monitor ini mampu bertahan dalam pemakaian yang lama. Sangat rekommended bagi Anda yang mempunyai dana pas-pasan untuk beli LED Monitor yang awet.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.