Pengertian BNIB

Pengertian BNIB, BNOB, MIB, BNWB, BNWOB

Posted on 115 views

Membeli barang secara online penuh dengan risiko karena tidak mengetahui kondisi barang yang sesungguhnya, untungnya martketplace sebagai tempat jualan online menjadi penengah dalam hal ini. Bila barang yang dijual tidak sesuai deskripsi maka bisa mengajukan komplain. Sebenarnya ada cara mudah mengetahui kondisi barang yaitu dengan memahami pengertian BNIB, BNOB, MIB, BNWB, dan BNWOB dalam jual beli online.

Ide penulisan artikel ini bermula ketika TERAA.NET ingin membeli graphic card Gigabyte, salah satu penjual mencantumkan deskripsi BNIB selama 3 tahun. Karena belum paham apa itu BNIB akhirnya memutuskan Googling untuk menemukan jawabannya.

Baca: Daftar Merek VGA Card Terbaik dan Awet

Mungkin diantara pembaca ada yang mengalaminya juga berikut ini akan dijelaskan pengertian BNIB, dan beberapa istilah lain yang berkaitan dengan kondisi barang seperti BNOB, MIB, BNWB, dan BNWOB.

 

Pengertian BNIB, BNOB, MIB, BNWB, BNWOB

 

1. BNIB (Brand New In Box)

BNIB merupakan singkatan dari Brand New In Box yang artinya barang masih baru seperti diperoleh melalui distributor resmi dengan segel di dalamnya. Barangnya dalam keadaan sangat baik seperti ketika keluar dari pabrik dan belum pernah dibuka sama sekali.

Barang masih dalam kemasan Box lengkap dengan petunjuk/ buku manualnya. Sekarang bila menemukan barang BNIB itu sudah pasti original, bukan KW maupun tiruan.

 

2. BNOB (Brand New Open Box)

BNOB merupakan singkatan dari Brand New Open Box yang artinya barang masih baru namun sudah dikeluarkan dalam Boxnya. Biasanya untuk memasang stiker garansi toko pada perangkat elektronik maupun untuk mengecek kelengkapan barang sebelum dikirimkan ke pembeli.

Sebaru apapun barangnya kalau sudah Open Box bukan BNIB lagi, untuk itu pastikan bahwa Anda membeli yang BNIB dengan garansi resmi.

 

3. Mint Condition (MIB)

Mint Condition atau MIB (Mint In Box) artinya barang masih berada dalam Box aslinya tanpa kerusakan atau goresan sama sekali namun pernah digunakan. Kalau di smartphone biasanya untuk cek baterai, kamera, firmware, dan lain sebagainya sebelum dikirimkan ke pembeli. Atau untuk barang bekas unboxing/ review dimana hanya digunakan saat itu juga kemudian dijual kembali.

 

4. BNWB

BNWB merupakan singkatan dari Brand New With Replace Box yang artinya barang dijual dalam keadaan tidak ada Box asli. Kemudian, box diganti dengan box lain atau replace Box, dengan brand yang sama, karena biasanya barang tersebut adalah hasil bocoran atau sample yang dijual batangan, sehingga bisa menjual dibawah harga resminya yang tinggi.

Kadang-kadang barang dijual dengan Box seadanya seperti prosesor tray Intel dan AMD.

 

5. BNWOB

BNWOB merupakan singkatan dari Brand New Without Box adalah tipe barang yang dijual tanpa kardus. Biasanya, barang tipe ini harganya lebih murah, karena belum lewat pajak dan tidak lewat distributor apa-apa. Sama seperti BNWB, label sizenya biasanya tembak. Mesti butuh kejelian untuk menilai sepatu itu beneran original atau tidak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.