Cara Pindah Faskes dan Kelas BPJS Kesehatan Secara Online

Posted on

Cara pindah faskes pertama BPJS Kesehatan, Cara pindah kelas BPJS Kesehatan – Ada alasan tertentu kenapa pemegang kartu BPJS Kesehatan ingin merubah fasilitas kesehatan pertama dikarenakan pindah tempat tinggal. Sedangkan alasan pindah kelas lebih ke fasilitas yang ingin didapatkan dan faktor biaya.

Pendaftaran BPJS Kesehatan mensyaratkan calon pendaftar untuk memilih satu Fasilitas Kesehatan (faskes) Pertama. Yang dimaksud faskes pertama adalah fasilitas pertama yang menangani pasien pemegang kartu BPJS Kesehatan. Bila di faskes tersebut tidak mampu ditangani maka berhak mendapatkan rujukan ke rumah sakit tujuan. Namun dalam kondisi tertentu yang dikategorikan mendesak dan segera diberi pertolongan seperti kecelakaan dan mau melahirkan maka tidak perlu rujukan dan langsung saja ke rumah sakit tujuan.

Baca: Cara Mengetahui Nomor Virtual Account BPJS Yang Lupa

BPJS Kesehatan terdiri dari 3 kelas yaitu: Kelas Pertama (I) dengan iuran Rp. 80.000/ bulan, Kelas Kedua (II) Rp. 51.000/ bulan, dan Kelas Tiga (3) Rp. 25.000/ bulan. Semua kelas mendapatkan layanan perawatan dan obat yang sama, bedanya hanya pada fasilitas kamar. Berikut ini perbedaan fasilitas kamar antar kelas BPJS Kesehatan:
1. Peserta BPJS kelas 1 akan mendapatkan fasilitas kamar rawat inap kelas 1, biasanya ruangan rawat inap dengan 2 sampai 4 kamar tidur
2. Peserta BPJS kesehatan kelas 2 akan mendapatkan fasilitas kamar rawat inap kelas 2, ruangan rawat inap yang terdiri dari 3 sampai 5 bed disetiap ruangan
3. Sedangkan untuk Peserta BPJS kesehatan kelas 3, akan mendapatkan fasilitas kamar rawat inap kelas 3, pada umumnya akan memiliki bed dari 4 sampai 6 bed tiap kamar.

Baca: Cara Mengurus Kartu BPJS Kesehatan Yang Hilang

Cara Pindah Faskes BPJS Kesehatan Dengan AplikasI Mobile JKN

1. Download aplikasi Mobile JKN kemudian install ke smartphone Android
2. Jalankan Mobile JKN, Anda harus daftar dulu supaya bisa login
3. Setelah berhasil daftar dan login maka pilih menu Perubahan Data Peserta
4. Pada aplikasi Mobile JKN ditampilkan detail kartu BPJS Anda, untuk merubah Fasilitas Kesehatan Pertama maka pilih menu Faskes 1
Pindah Faskes BPJS Kesehatan Dengan Mudah
5. Pilih provinsi tujuan, kota/ kabupaten, dan pilih Fasilitas Kesehatan yang ada di kota/ kabupaten tujuan
Pindah Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama
6. Bila telah selesai maka selanjutnya pilih Simpan. Tunggu beberapa saat hingga operator BPJS Kesehatan memverifikasi perubahan data Anda
7. Kini Anda berhasil merubah faskes BPJS Kesehatan dan bisa digunakan ditempat baru.

Catatan!
Perubahan Fasilitas Kesehatan Pertama, dapat dilakukan minimal 3 bulan sekali.

Cara Pindah Kelas BPJS Kesehatan Tanpa Datang ke Kantor BPJS

Pindah kelas BPJS Kesehatan caranya hampir sama dengan merubah faskes yaitu dengan aplikasi Mobile JKN. Silahkan masuk halaman Home kemudian pilih Perubahan Data Peserta, setelah itu pilih Kelas untuk merubah data. Contoh ingin pindah dari kelas II ke kelas I maka sesuaikan Ubah Kelas Rawat.
Pidah Kelas BPJS Kesehatan Secara Online
Karena pada contoh ini untuk 3 asuransi maka dikenakan biaya Rp. 240.000/ bulan dengan masing-masing peserta iurannya Rp. 80.000. Pilih menu Simpan tunggu beberapa saat sampai kelas BPJS Kesehatan telah berubah.

Catatan!
1. Perubahan Kelas Rawat hanya dapat dilakukan minimal 1 tahun dari kelas rawat yang didaftarkan sebelumnya.
2. Perubahan Kelas Rawat akan berdampak pada perubahan kelas rawat satu keluarga.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.