Reset Adobe Photoshop ke Pengaturan Default

Posted on 31 views

Pernahkah Anda menjumpai suatu masalah ketika melalukan editing foto menggunakan Adobe Photoshop menunya jadi morat-marit atau berantakan? bila Iya keputusan apa yang diambil untuk mengatasi masalah tersebut. Tentu ada yang menguninstall kemudian install lagi dengan harapan kembali normal. Ternyata ada cara mudah untuk reset Adobe Photoshop ke pengaturan default.

Pengaturan default di sini artinya kembali pada settingan seperti setelah install Adobe Photoshop. Urutan menu dan toolbox juga kembali normal, begitu juga dengan beberapa tool yang bermasalah di dalamnya juga ikut kembali normal. Pengguna Adobe Photoshop wajib tahu cara ini untuk efisiensi waktu dalam melakukan editing.

Bayangkan saja bila Anda membuka jasa editing foto kemudian ada klien yang datang, lagi serius editing ternyata ada beberapa tool yang tidak semestinya. Apalagi kalau ditunggu klien membuat sedikit grogi, daripada install ulang programnya mendingan reset menggunakan cara berikut ini.

 

Mengembalikan Adobe Photoshop ke Pengaturan Default

Ada 3 cara untuk mengembalikan pengaturan Adobe Photoshop yaitu melalui pintasan keyboard, menghapus file Prefs, dan Preferences. Selengkapnya simak penjelasan berikut ini:

 

1. Reset Adobe Photoshop Dengan SHIFT + CRL + ALT

Bila Anda sudah menjalankan Adobe Photoshop, keluar atau tutup kembali program tersebut. Anda bisa keluar dengan cara klik menu File dan kemudian pilih submenu Exit atau dapat klik tombol Close yang terletak di sudut kanan atas jendela Adobe Photoshop.

Selanjutnya, Anda dapat menggunakan pintasan keyboard (keyboard shortcut) sambil menjalankan kembali Adobe Photoshop. Tekan dan tahan tombol keyboard SHIFT + CTRL + ALT dan kemudian jalankan Adobe Photoshop.

Sebelum Adobe Photoshop terbuka sepenuhnya, akan muncul kotak dialog Adobe Photoshop CS6 Extended. Klik tombol Yes untuk menghapus file pengaturan (Settings File).

Cara menyetel ulang (reset) Adobe Photoshop ke pengaturan awal (default settings)

 

2. Atur Ulang Adobe Photoshop Dengan Menghapus File Prefs

Selain cara di atas, Anda juga dapat menghapus file Prefs. Anda perlu keluar dan menutup terlebih dahulu Adobe Photoshop. Ketika file Prefs sudah dihapus dan Adobe Photoshop dijalankan kembali, file Prefs baru otomatis dibuat dan Adobe Photoshop berjalan menggunakan pengaturan awal (default settings).

Sebelum melalukan cara ini show hidden file yang tersembunyi, caranya bukan Control Panel kemudian pilih File Xplorer Options. Lanjutkan pilih tab View kemudian beri tanda centang pada Hidden files and folders > Show hidden file, folders, and drives. Akhiri dengan OK atau Apply.

Buka atau Jalankan File Explorer dan navigasi ke folder tempat file Prefs berada. Anda akan menemukan file Adobe Photoshop X64 CS6 Prefs.psp. Hapus saja file tersebut, ketika ingin menjalankan kembali Adobe Photoshop, file Adobe Photoshop X64 CS6 Prefs.psp baru dibuat secara otomatis.

Cari file Prefs yang terletak di AppData, lebih cepatnya ikuti alurnya berikut ini: C:\Users\username\AppData\Roaming\Adobe\Adobe Photoshop CS6\Adobe Photoshop CS6 Settings

Hapus file: Adobe Photoshop X64 CS6 Prefs

 

3. Mengembalikan Pengaturan Adobe Photoshop

Jalankan Adobe Photoshop kemudian pilih tab menu Edit. Preferences > General, perhatikan kotak dialog bagian bawa di situ ada “Rest All Warning Dialogs”. Klik untuk mengembalikan ke pengaturan default.

Demikianlah informasi cara mengembalikan pengaturan Adobe Photoshop ke default, semoga bermanfaat untuk Anda khususnya yang mempunyai profesi dibidang edit foto. Pilih salah satu dari ketiga cara tersebut yang dianggap paling mudah.

Cara ini bisa diterapkan pada semua versi Adobe Photoshop, namun yang dicontohkan di sini menggunakan Adobe Photoshop CS6.

Baca: Cara Crop dan Resize Gambar di Adobe Photoshop

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.