Silver Play Button

Setengah Perjalanan Menuju Silver Play Button

Posted on 41 views

Setengah perjalanan menuju Silver Play Button merupakan ungkapan dari Saya sendiri selaku admin TERAA.NET dan pemilik channel Varizal Amir. Bila dibandingkan teman lain mungkin tidak ada apa-apanya, namun ini merupakan pencapaian luar biasa penuh dengan kesenangan.

Saya menjalin kerjasama dengan YouTube sejak tahun 2015 yang lalu namun hingga dipublikasikannya artikel ini (2021) masih mendapatkan 50 ribuan subscriber, kurang setengahnya lagi mendapatkan Silver Play Button. Pencapaian ini kalah dengan artis seperi Baim Wong dan Rafi Ahmad, yang mulai tahun 2017 jumlah subscribernya sudah banyak.

Dahulu ketika mengajukan diri sebagai YouTube partner program syaratnya cuma upload video, tidak seperti sekarang harus mencapai 1000 subscriber dan 4000 jam tayang dalam setahun. Alhamdullilah ketika regulasi YouTube berubah, jumlah subscriber lebih dari 1000. Namun beberapa channel lain yang tadinya dapat menampilkan iklan kini terkena regulasi baru dari YouTube sehingga tidak bisa monetize video.

Saya mengenal YouTube sudah lama, kisaran tahun 2008 sudah mempunyai akun namun tidak pernah upload sama sekali. Mulai upload tahun 2015 hingga sekarang itupun tidak serius. Semua video yang diupload hanya dokumentasi pribadi jika sewaktu-waktu dibutuhkan bisa melihatnya kembali.

Selama ini belum pernah membuat video tertarget untuk menjawab kebutuhan orang ketika mengetik kata kunci di pencarian YouTube. Makanya orang yang melihat video Saya ada 2 kriteria kalau dia nggak nyasar berarti mempunyai ketertarikan yang sama dengan yang diupload.

Kedepannya kalau fasilitasnya mumpuni, ingin serius mendalami YouTube. Beberapa kendala seperti rumah dekat dengan jalan raya yang penuh kebisingan mengganggu sekali merekam suara, serta belum mempunyai kamera mirroless/ SLR untuk merekam gambar kualitas bagus.

Baca: Macam-Macam Play Button YouTube

Untuk sementara Saya fokus pada konten blog saja, karena sudah auto pilot sejak 2014 yang lalu. Untuk menjaga trafik pengunjung tetap tinggi, tinggal update seminggu sekali. Bahkan kalau lagi malas sebulan hanya sekali hehe.

Meskipun tidak total dalam ngeYouTube, tetapi cukup menyenangkan. Karena channel yang dibuat hanya untuk menyalurkan hobi saja, soal ada yang lihat dan subscribe itu diserahkan kepada Allah SWT sebagai pengatur rezeki. Namun bila dikasih rezeki yang cukup dari konten blog dan YouTube juga harus tetap disyukuri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.