Cara Mengaktifkan Fitur Split Screen MIUI 9 Pada Android Xiaomi

Posted on

Xiaomi memiliki beberapa keunggulan bila dibandingkan dengan kompetitornya, dengan harga murah bisa mendapatkan smartphone dengan spesifikasi yang tinggi. Selain unggul dari segi hardware, Xiaomi juga memberikan dukungan penuh terhadap perangkat lunaknya yaitu MIUI.

MIUI 9 dikembangkan menggunakan basik Android N (Nougat) yang merupakan versi terbaru dari sistem operasi Android. Hampir semua smartphone Xiaomi keluaran terbaru mendapatkan update MIUI 9, notifikasi update akan muncul dengan sendirinya bila hape Anda terhubung ke jaringan Wi-fi. Bila tidak mendapatkan notifikasi bisa mendownload stock ROM secara manual kemudian menginstallnya di Xiaomi melalui Choose Update Pakage.

Aplikasi yang dibundle pada MIUI 9 juga tidak sebanyak MIUI 8 sehingga tidak terlalu memakan space memory internal. Salah satu fitur unggulan dari MIUI 9 yang dirilis pada akhir tahun 2017 adalah Split Screen. Tampilannya mirip Taks View di Windows 10, namun ini untuk versi Androidnya.

Review Split Screen MIUI 9

Admin teraa.net juga telah mencicipi MIUI 9 pada Xiaomi Redmi 4A sehingga bisa merasakan bagaimana enaknya menjalankan beberapa aplikasi dengan Split Screen. Disebut Split karena tampilannya dibagi menjadi beberapa bagian sesuai dengan program yang dibuka.

Split Screen memungkinkan Anda membuka YouTube sambil membalas pesan Whatsapp. Fitur ini cuma ada di smartphone Xiaomi, untuk itu bagi yang masih menggunakan MIUI 8 segeralah upgrade ke MIUI 9, caranya adalah sebagai berikut.

Baca: Upgrade MIUI 9 Untuk Semua Android Xiaomi

Cara kerja Split Screen hampir sama dengan multitaksking Windows yang dapat menjalankan aplikasi secara bersamaan. Ada yang mengatakan sama dengan dual Windows, sepertinya tidak karena untuk menjalankan 2 layar bisa menggunakan Second Space.

Cara Menggunakan Split Screen MIUI 9

Meskipun Anda telah berhasil mengupgrade ke MIUI 9 namun tidak semua smartphone Xiaomi dapat menjalankan Split Screen terutama yang spesifikasinya rendah. Waktu menjajal Split Screen menggunakan Xiaomi Redmi 4A, smartphone jadi terasa berat untuk menjalankan aplikasi.

Mengaktifkan Split Screen Mode MIUI 9
1. Silahkan buka beberapa aplilkasi di smartphone Anda
2. Ketuk Split Screen yang ada di pojok kiri atas
3. Nanti muncul tulisan Drag here to use Split Screen, silahkan geser salah satu aplikasi ke atas. Contoh kali ini ingin menjalankan YouTube bersamaan dengan Google Play Store

Split Screen

3. Berikut ini adalah tampilan mode Split Screen MIUI 9.

Tes Split Screen

Tes Split Screen on YouTube

Demikianlah informasi cara mengaktifkan Split Screen MIUI 9 beserta tesnya. Bila ada yang kurang jelas dan perlu dipertanyakan silahkan tinggalkan pesan melalui kolom komentar berikut ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *