Cara Upgrade MIUI 9 Untuk Semua Android Xiaomi

Posted on

Kabar gembira datang dari Xiaomi yang telah merilis MIUI 9 pada akhir tahun 2017. MIUI adalah user interface Android yang telah dikembangkan oleh Xiaomi. Untuk keperluan update dan upgrade MIUI telah menyediakan stock ROM secara gratis untuk memenuhi kebutuhan Anda.

Menariknya lagi MIUI 9 telah tersedia untuk semua produk Xiaomi dan pengguna bisa mengupgrade langsung dari smartphonnya masing-masing. Bila Xiaomi terhubung dengan internet yang menggunakan jaringan Wi-fi biasanya mendapatkan notifikasi update. Silahkan update saja untuk menjajal Android Nougat rasa MIUI.

Bila update hanya menyediakan pembaharuan dari versi sebelumnya maka cobalah mengupgrade MIUI 9 melalui Chose Update Pakage. Syaratnya harus mempunyai dulu firmware dengan ekstensi .zip, MIUI 9 ini dapat Anda download dari situs resminya MIUI.

Baca: Cara Updrage Xiaomi Redmi 4A ke ROM MIUI 9 Global

Istilah yang tepat ganti ROM dari MIUI 8 ke MIUI 9 adalah upgrade/ flashing, kalau update memperbaharui dari yang sudah ada misalnya MIUI 8.6 ke 8.7 karena masih sama-sama menggunakan Android Marshmallow sedangkan MIUI 8 ke MIUI 9 sudah ganti versi Androidnya yaitu dari Marshmallow ke Nougat.

ROM MIUI 9 Global - Nougat

Cara Upgrade MIUI 9 Pada Smartphone Xiaomi

1. Silahkan backup data karena pergantian ROM akan menghapus semua data yang ada di memory internal
2. Apapun seri smartphonnya silahkan download ROM di MIUI
3. Pilih ROM yang sesuai dengan Android Xiaomi Anda
4. Pilih Developer ROM untuk mendownload MIUI 9 Global
5. Tunggu proses downloadnya hingga selesai maka Anda mendapatkan file dengan ekstensi .zip
6. Bila Anda mendownlad MIUI 9 melalui komputer silahkan pindah ke memory internal
7. Buka menu Update/ Pembaharuan
8. Pilih Choose update pakage
9. Cari ROOM MIUI 9 yang telah Anda download tadi
10. Tunggu proses upgrade hingga selesai, bila muncul notifikasi Erase Data > pilih Erase and Update
11. Bila telah selesai, Android Xiaomi Anda akan restart dengan sendirinya
12. Kini Anda telah berhasil upgrade MIUI 9 Global pada Android Xiaomi.

MIUI 9 Memiliki Banyak Keunggulan! Anda Wajib Upgrade

Sesuai dengan moto dari MIUI 9 yakni Lightning Fast tentunya kinerja MIUI 9 lebih cepat dan responsif dibandingkan dengan versi MIUI sebelumnya termasuk MIUI 8. Fitur utama MIUI 9 yakni Pencarian Gambar, Assisten Pintar dan peluncur pintar aplikasi memungkinkan Anda bisa mengakses semua yang dibutuhkan di Xiaomi dengan cepat hanya dengan beberapa tap saja. Tak lagi ribet dengan menu yang tersembunyi dan kadang sulit digunakan.

Bukan rahasia lagi dan tentu saja sudah mengetahui bahwa setelah sekian bulan menggunakan Android, pasti merasakan kinerja yang mulai ngelag dan lemot, akses berbagai menu sangat lambat dan bahkan untuk membuka aplikasi saja harus menunggu beberapa detik. Kehadiran MIUI 9 dengan sebuah sistem file baru, percepatan nirkabel sampai manajemen cache yang handal akan membuat kinerja Xiaomi akan tetap terjaga dan optimal dari waktu ke waktu.

Fitur Smart Assistant akan membantu dan mempermudah akses ke berbagai informasi dan aplikasi yang sering digunakan di Xiaomi. Anda bisa dengan mudah menemukan catatan, jadwal sampai hal lainnya yang tersimpan di ponsel pintar Anda. Ditambah dengan fitur Split Screen di MIUI 9 dimana bisa menjalankan dua aplikasi sekaligus dalam satu layar, akan membuat semakin nyaman dalam menggunakan berbagai fitur di Xiaomi secara bersamaan.

Kelebihan MIUI 9 lainnya adalah bisa mendapatkan 3 tema bawaan terbaru yakni Limitless, Color Fantasy dan Cool Black yang akan membuat tampilan MIUI lebih menarik. Menggunakan tema default MIUI memang sangat disarankan agar kinerja Xiaomi lebih maksimal tanpa ngelag, karena seperti kita ketahui saat ini banyak sekali tema atau launcher yang terlalu banyak fitur yang akhirnya membuat Android justru jadi lebih lemot dan banyak ngelag.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *