Cara Updrage Xiaomi Redmi 4A ke ROM MIUI 9 Global

Posted on

Bagi pemilik Xiaomi Redmi 4A yang masih menggunakan stock ROM MIUI 8 dengan sistem operasi Android Marshmallow kini dapat mengupgrade ke MIUI 9 Nougat, hal serupa juga berlaku untuk Xiaomi Redmi 4C dan 4X. Anda dapat mengganti ROM bawaan Xiaomi 4A dengan ROM Global yang bisa diupgrade langsung tanpa harus membuka bootloader.

MIUI adalah user interface dari Android yang telah dicustom dan dikembangkan sendiri oleh Xiaomi untuk smartphone buatannya. ROM Xiaomi ada 3 yaitu Global untuk pangsa pasar internasional termasuk Indonesia, China Stable untuk regional China, dan Developer untuk para pengembang.

Xiaomi merilis MIUI 9 pada bulan Desember 2017 dan kini bisa dinikmati oleh seluruh pengguna smartphone Xiaomi. Update ini merupakan yang paling stabil dikelasanya dan asli dari Xiaomi. Dengan mengupgrade MIUI 9 tidak ditemukan lagi kendala seperti munculnya iklan seperti ROM Global abal-abal yang dibundle pada smartphone Xiaomi.

MIUI 9 hadir dengan beberapa fitur terbaru dan penyempurnaan dari seri sebelumnya diantaranya adalah image search, smart assistant, smart app launcher, multi windows, screen zoom, dan emotion terbaru. Penjelasan mengenai fitur ini dibahas pada akhir postingan Cara Updrage Xiaomi Redmi 4A ke ROM MIUI 9 Global.

Persiapan Sebelum Upgrade MIUI 8 Ke MIUI 9

1. Backup data, Silahkan backup data di memory internal karena pergantian versi ROM ke yang lebih tinggi akan menghapus seluruh data di memory internal.
2. Pastikan baterai Xiaomi diatas 30%, proses upgrade ROM membuat hardware bekerja keras sehingga menguras isi baterai. Daripada mati ditengah jalan dan hasilnya error sebaiknya charge dulu
3. Download ROM MIUI 9 di situs resminya MIUI, pilih ROM sesuai type Xiaomi Anda.

Cara Updrage Xiaomi Redmi 4A ke ROM MIUI 9 Global

1. Silahkan download ROM MIUI 9 untuk Xiaomi Redmi 4A di sini
2. Nantinya ada 2 pilihan ROM yaitu Stable ROM dan Developer ROM. Stable ROM untuk update MIUI 8 sedangkan Developer ROM untuk upgrade MIUI 9 Global
3. Pilih Developer ROM > Download Full ROM
4. Anda bisa mendownload file tersebut langsung melalui smartphone Xiaomi atau Komputer kemudian memindahkan file .zip ke memory internal Xiaomi
5. Tunggu proses download hingga selesai
6. Pastikan ROM MIUI 9 yang telah di download tadi ektensinya .zip dan ada di memory internal

Cara Install MIUI 9

7. Buka menu Update/ Pembaharuan
8. Pilih Choose update pakage
9. Cari ROOM MIUI 9 yang telah Anda download tadi
10. Tunggu proses upgrade hingga selesai, bila muncul notifikasi Erase Data > pilih Erase and Update
11. Flashing ini membutuhkan waktu yang cukup lama, sembari menunggu prosesnya selesai silahkan tinggal ngopi dulu hehe.

ROM MUI 9

Fitur-Fitur Terbaru dari MIUI 9 Nougat

1. Image Search, adalah fitur yang dapat dengan mudah mencari atau berbagi foto yang diinginkannya. Contoh Anda mencari foto dengan nama “teraa” maka fitur Image Search akan mencari nama tersebut dan menampilkanya.
2. Smart Assistant, hampir serupa dengan Google Assistant, fitur ini bisa menemukan berbagai hal yang dicari dari foto, teks, aplikasi, dsb.
3. Smart App Launcher, dapat menjalankan berbagai aplikasi berdasarkan konten yang ada di layar, jadi tidak usah mencari aplikasi yang akan dijalankan karena dengan Smart App launcher cepat menemukannya.
4. Multi Windows, merupakan keunggulan yang dimiliki Miui 9 karena dengan fitur ini bisa menjalankan lebih dari satu aplikasi dalam satu layar sekaligus (multitasking)
5. Sreen Zoom, bermanfaat untuk mengatur mengecilkan ukuran layar dan memperbesar layar dari teks maupun icon aplikasi yang dijalankannya.
6. Emoticon Baru, dengan ditambahkan emoticon baru dari Android Nougat semakin memberikan kepuasan untuk melakukan chatting dengan teman sosial media.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.