Cara Menambahkan Kode (Koding) di Postingan WordPress

Posted on

Cara menambahkan kode pada postingan blog sangatlah gampang, Anda bisa memanfaatkan plugin Syntax Highlighter yang tersedia gratis di WordPress. Namun bagi yang baru belajar menggunakan platform WordPress cara menyisipkan kode (html, css, php, dan kode lainnya) pasti sangat sulit karena belum mengetahui caranya.

Menggunakan plugin lebih efisien waktu daripada menambahkan kode secara manual, jadi Anda bisa fokus menulis artikel berkualitas tanpa dipusingkan kode. Plugin seperti ini banyak diterapkan pada blog tutorial yang membutuhkan penjelasan dengan kode sehingga pesan yang disampaikan mudah dimengerti oleh pembaca.

Plugin Syntax Highlighter hanya bisa diterapkan pada WordPress Selft Hosting (WordPress.org), kalau WordPress.com tidak bisa. Meskipun keduanya basiknya sama namun fiturnya dibatasi untuk WordPress.com. Plugin untuk menambahkan kode banyak sekali macamnya namun yang dibahas ini yang paling popular dan direkomendasikan untuk Anda.

Untuk urusan koding Teraa.net lebih mempercayakan pada Enlighter – Customizable Syntax Highlighter karena mudah dalam penggunaannya. Cukup install dan aktifkan maka pilihan Elighter Code Insert muncul pada text post WordPress. Berikut ini adalah contoh tampilan kode menggunakan Enlighter.

Highlighted Code

Cara Menyisipkan Koding di WordPress dengan plugin Syntax Highlighter

 

1. Enlighter – Customizable Syntax Highlighter

Enlighter – Customizable Syntax Highlighter adalah plugin yang paling direkomendasikan untuk menambahkan kode pada postingan WordPress. Menariknya semua kode bisa diterapkan di sini, termasuk koding pemrograman komputer. Anda diberi kemudahan menambahkan kode dengan Enlighter Code Insert.

Enlighter Code Insert

Fitur Utama Enlighter – Customizable Syntax Highlighter
1. Mendukung semua bahasa pemrograman
2. Integrasi penuh Visual-Editor (TinyMCE) (Admin Panel + Frontend)
3. Plihan tema yang banyak termasuk preview
4. Tersedianya Tab-indentasi modus untuk menyelaraskan kode dengan tombol tab (single line dan blok pilihan)
5. Suport bbPress shortcode + markdown
6. Modus teks-Editor mudah digunakan melalui penggunaan shortcode dan QuickTags.

 

2. Crayon Syntax Highlighter

Crayon Syntax Highlighter adalah plugin paling popular yang dapat menambahkan nomor baris dan sintaks kode ke cuplikan kode di postingan WordPress. Plugin ini memiliki lebih banyak penyesuaian sehingga Anda dapat mengkonfigurasi hampir semua hal tentang plugin di tab pengaturannya.
Tampilan Crayon Syntax Highlighter

Fitur Utama Crayon Syntax Highlighter
1. Menambahkan nomor baris ke cuplikan kode
2. Menambahkan penyorotan sintaks
3. Mendukung 65 bahasa yang berbeda
4. Banyak style, beberapa di antaranya meniru editor kode populer
5. Box kode mudah di sesuaikan dengan tampilan template/ tema WordPress.

 

3. Syntaxhighlighter Evolved

SyntaxHighlighter Evolved adalah plugin alternatif selain Enlighter – Customizable Syntax Highlighter dan Crayon Syntax Highlighter. Ini merupakan plugin code snipet yang populer untuk menyematkan potongan kode bernomor dan sintaks yang ingin di pasang dalam postinga WordPress. Yang perlu dilakukan adalah membungkus kode dalam shortcode yang relevan dan akan ditampilkan seperti ini.
Tampilan Syntaxhighlighter Evolved

Fitur Utama SyntaxHighlighter Evolved
1. Menambahkan nomor baris ke cuplikan kode
2. Menambahkan penyorotan sintaks ke cuplikan kode
3. Pilihan warna tema yang berbeda
4. Dapat menambahkan CSS class khusus untuk opsi styling.

Kesimpulan
Demikianlah informasi cara menambahkan atau menyisipkan kode pada postingan WordPress. Anda bisa memilih salah satu dari ketiga plugin tersebut atau mencoba Syntax Highlighter lainnya yang tersedia di WordPress.

Baca: Cara Upload File JavaScript di Hosting GitHub

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *