23 Fitur Menarik MIUI 9 Pada Smartphone Xiaomi

Posted on

Hadirnya MIUI 9 disambut hangat oleh para pengguna Xiaomi karena datang dengan beberapa pembaharuan dari seri sebelumnya dan ada fitur-fitur yang cukup menarik untuk dicoba. Mereka yang belum mempunyai hape Xiaomi rela membelinya hanya untuk menjajal MIUI 9 yang katanya sebagai User Interface terbaik saat ini. Hadir dengan slogan Lightning Fast dengan logo petir membuat sistem operasi ini berjalan pesat.

Aplikasi yang jarang digunakan pada MIUI 8 telah dibuang di MIUI 9 sehingga dapat menghemat space memory internal. MIUI 9 dikembangkan dari Android Nougat yang merupakan versi terbaru dari sitem operasi robot hijau. Pada awal kemunculannya MIUI mendapatkan banyak kritikan dari Apple karena tampilannya mirip iOS, namun seiring berjalannya waktu pabrikan asal negeri China ini mampu membuktikan bahwa lebih baik dari Apple.

Developer Xiaomi telah bekerja semaksimal mungkin menghadirkan MIUI 9 yang benar-benar berbeda dari pesaingnya. Berikut ini adalah fitu-fitur terbaru dari MIUI yang wajib Anda ketahui.

Baca: Cara Upgrade MIUI 9 Untuk Semua Android Xiaomi

Fitur unggulan Xiaomi

23 Fitur-Fitur MUI 9 Global (Android Nougat)

1. App Lock

App Lock adalah fitur terbaru dari MIUI yang mampu memberikan perlindungan pada setiap aplikasi yang terinstall di dalamnya. Cara kerjanya dengan menambahkan password pada masing-masing aplikasi sehingga untuk membuka harus mengetik passwordnya. Jadi menggunakan MIUI 9 tidak memerlukan aplikasi dari pihak ke-3, cukup mengaktifkan App Lock.

2. Feedback

MIUI yang dirilis Xiaomi hingga saat ini masih versi beta untuk itu ditambahkan menu Feedback untuk melaporkan bila ditemukan error dan saran perbaikan. Setiap pengguna Android Xiaomi dapat menggunakan Feedback dari hapenya masing-masing dengan menuliskan deskripsi disertai screenshot dan nomor telepon/ email.

3. Split Screen

Split Screen adalah fitur yang mampu menjalankan beberapa aplikasi dalam tampilan Split. Berbeda dengan dual windo karena ditampilkan dalam satu tampilan layar. Dengan fitur ini Anda bisa menonton tayangan video di YouTube sambil membalas pesan WhatsApp, kalau di Windows 10 istilah ini disebut Task View.

Baca: Cara Mengaktifkan Fitur Split Screen MIUI 9 Pada Android Xiaomi

4. Notifikasi dan Reply

Semua pesan yang masuk baik itu melalui e-Mail, Facebook, WhatsApp, notifikasinya muncul di layar Xiaomi bagian atas dan Anda bisa membalas secara langsung dengan mengetuk notifikasi tersebut.

5. MI Browser

Xiaomi melengkapi browser buatannya di MIUI 9 dengan nama MI Browser. Tampilannya cukup keren dan dapat dijadikan alternatif selain Google Chrome dan Opera Mini. Keunggulan MI Browser adalah terintegrasi dengan aplikasi penampil cuaca, tak perlu widget weather sudah bisa memantau prakiraan cuaca.

6. Pembaca Dokumen Dilengkapi magnifier

Secara default ketika membuka dokumen (word, excel, pdf) maka ditampilkan dengan aplikasi viewer buatan Xiaomi. Untuk membaca tulisan kecil dilengkapi kaca pembesar dengan cara menekan pada tulisan untuk menampilkannya.

7. Lock Screen Shortcut

Lock screen MIUI 9 terlihat mirip dengan versi ROM sebelumnya, namun ternyata berbeda. Scroll dari kiri ke kanan pada lock screen, maka Anda akan menemukan halaman baru yang menunjukkan semua perangkat yang terhubung dengan Xiaomi seperti Mi Home dan Mi Remote.

8. Lightning Fast System

Belum diketahui secara pasti kegunaan Lightning Fast, kemungkinan untuk mengoptimalkan kinerja flash pada kamera belakang. Bisa juga secara default telah disematkan dalam MIUI 9 untuk mempercepat akses sistem operasinya

9. New Calendar

Kalender baru di MIUI 9 juga hadir dengan fitur semacam kartu yang memungkinkan dapat melihat tanggal merah dan acara-acara seru yang akan datang. Bahkan Anda bisa melihat jadwal olahraga, mendapatkan update berita, dan masih banyak lagi.

10. MI Drop

Mi Drop adalah aplikasi untuk mempermudah proses pengiriman file. Versi terbaru bisa mengirim file dalam format apa pun, ada pula opsi untuk melanjutkan pengiriman apabila terputus. Penampilan aplikasinya juga lebih sederhana dan mudah dengan hanya dua tombol, Send dan Receive.

11. Smart App Launcher

Fitur unggulan selanjutnya adalah Smart App Launcher, dengan fitur ini akan dipermudah untuk membuka aplikasi tertentu sesuai konten yang ada di layar. Misalnya sedang membaca atau membuka tentang lokasi, maka Xiaomi merekomendasikan aplikasi yang sesuai di bagian bawah layar yaitu Google Maps atau aplikasi berbasis Maps lainnya.

12. Image Search

Inilah salah satu fitur unggulan dari MIUI 9 yaitu Pencarian Foto/ Gambar. Dengan fitur ini maka pengguna Xiaomi dapat memfilter foto sesuai keyword (kata kunci), mirip seperti Google Photos. Maksud dari Keyword di sini adalah misal mencari kata “teraa”, ketika dicari maka smartphone akan mencari foto yang diambil dari kamera depan.

13 Home Screen

Salah satu bagian yang memperoleh perubahan pada update MIUI 9 adalah bagian Home Screen. Perubahan disini adalah perubahan dalam hal visual dan fungsional dari Home Screen. Mode pengeditan di Home Screen telah didesain ulang dan fungsi pengaturan ikon dioptimalkan untuk memberikan pengguna mode edit yang lebih cerdas dan lebih nyaman.

14. Dynamic Resource Allocation
Fitur untuk memprioritaskan aplikasi yang tengah berjalan. Misalnya sedang menjalankan banyak aplikasi maka sistem akan memprioritaskan aplikasi yang sedang dipakai. Hal ini bertujuan untuk memastikan bahwa aplikasi dapat berjalan dengan lancar dan cepat.

15. Message

Penggunaan SMS telah menurun seiring dengan munculnya aplikasi messenger gratis yang populer dan menawarkan lebih banyak fitur seperti WhatsApp atau Telegram. Kebanyakan SMS saat ini digunakan One-Time Password untuk verifikasi telepon, email dan akun penting lainnya. Di MIUI 9, antarmuka Message telah berubah, Xiaomi memperkenalkan Notification Group. Fitur ini akan mengidentifikasi dan mengelompokkan kode verifikasi untuk SMS serta notifikasi iklan dari provider yang sering mengganggu.

16. Control And Gesture

Dengan control dan gesture terbaru dari MiUI 9, Anda dapat mengakses berbagai shortcut dengan menggunakan tombol dan isyarat di MIUI. Tiga jari gesek ke bawah untuk mengambil screenshot, gesek ke atas untuk mengaktifkan pencarian, dua jari mencubit masuk untuk memasuki mode edit mode layar dan masih banyak lagi.

17. Instant App

Aplikasi instant memungkinkan pengguna menjalankan aplikasi seketika, tanpa menginstallnya. Saat ini, Xiaomi sedang mengerjakan lebih banyak aplikasi pihak ketiga untuk mendukung fitur ini.

18 Peningkatan Data Saver

Data Saver ini sama fungsinya dengan Background App Refresh pada iPhone. Dengan Data Saver pada MiUI 9, Anda bisa mengendalikan aplikasi apa saja yang berjalan di belakang dan menyedot kuota internet.

19. MIUI Lab

Xiaomi memperkenalkan fitur terbaru pada MIUI 9 yang disebut laboratorium MIUI. Fitur dianggap memiliki fitur eksperimental untuk MIUI, yang dapat diuji oleh pengguna, jika mereka menginginkannya.

20. New Themes

MIUI 9 memperkenalkan 3 tema baru yaitu No Boundary, Color Fantasy, dan, Cool Black. Semuanya terlihat sangat bagus. Saya sangat menyukai tema Cool Black yang gelap, yang menampilkan latar belakang gelap yang elegan. Selain ketiga tema di atas, tentunya bisa menggunakan tema sendiri atau mengunduhnya di Themes Store sesuai yang Anda inginkan.

21. One Tap Login

Menggunakan MIUI 9 dapat dengan mudah mendaftar dan login ke Mi Account hanya dengan sekali ketuk tanpa menggunakan kata sandi dan username. Anda akan melihat sebuah kotak pemberitahuan untuk menggunakan satu ketuk login dengan pilihan untuk tidak memasukkan email atau nomor telepon dan kata sandi pada saat login berikutnya. Jika belum mempunyai Akun Mi, maka nomor hape yang di gunakan saat ini akan ditawarkan untuk membuat Mi Account secara otomatis.

22. Silent Mode and Sleeping Mode

Saat ini Anda bisa beralih dari mode silent ke do not disturb dengan satu klik. Mode silent akan membuat semua panggilan menjadi silent, namun alert, dan notifikasi tapi tetap memberikan notifikasi dengan bergetar. Anda dapat mengatur jadwal kapan mode silent dan do not disturb menjadi nonaktfi secara otomatis mulai dari 30 menit, 1 jam, 2 jam atau 8 jam.

Sementara Sleeping Mode khusus digunakan untuk meningkatkan masa pakai baterai Xiaomi. Dengan mode ini, bisa menghemat banyak daya baterai dan mengelola uptime aplikasi dan menghentikan aplikasi yang sedang tidak digunakan dan berjalan di belakang.

23. System Optimizations

Bukan rahasia lagi bahwa MIUI selalu haus akan penggunaan sumber daya yang tinggi. Oleh karena itu, dengan MIUI 9 yang pada umumnya berbasis Android Nougat ini, developers MIUI lebih banyak fokus pada pengoptimalan kinerja ROM.

Ada beberapa perubahan yang telah disisipkan agar MIUI terasa lebih cepat dan responsif. Pembaruan pada Sumber Daya Dinamis (Dynamic Resources) yang akan mengatur sumber daya perangkat keras (hardware) ke aplikasi tergantung dari kebutuhan aplikasi. Jadi jika aplikasi butuh sumber daya yang tinggi, maka hardware akan bekerja lebih optimal untuk menyuplai kebutuhan aplikasi, begitu juga sebaliknya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *