Kelebihan dan Kekurangan Mengelola Banyak Blog

Posted on

Blog bukan sekedar media untuk berbagi informasi kepada khalayak banyak, meskipun pada mulanya mereka hanya menyalurkan hobi melalui tulisan kini telah berubah sebagai sumber pendapatan. Kata almarhum pengusaha nyentrik Bob Sadino, pekerjaan yang menyenangkan adalah hobi yang dibayar.

Membuat artikel berkualitas bukan perkara gampang, pasalnya menulis saja tidak cukup. Untuk mendapatkan visitor yang melimpah blogger harus mengetahui apa kebutuhan orang ketika membuka mesin pencari. Mereka yang baru pertama kali membuat blog pasti mengatakan susahnya bikin artikel. Itu sangat wajar karena belum terbiasa menulis, namun seiringnya waktu membuat artikel itu gampang sekali.

Salah satu cara mendapatkan uang dari internet, blogger harus menampilkan iklan di blognya. Afiliasi yang cukup dipercaya dan benar-benar membayar blogger adalah Google AdSense. Selain dari iklan bisa melalui review produk, untuk mendapatkan penawaran review trafiknya harus tinggi.

Baca: Lebih Serius Ngeblog Dengan WordPress Self Hosting

Mereka yang sukses dengan satu blognya pasti berkeinginan untuk membuat blog baru lagi dengan harapan pundi-pundi rupiahnya semakin banyak. Hal tersebut juga dialami langsung oleh admin yang mengelola beberapa blog selain www.teraa.net. Berdasarkan pengalaman inilah bisa berbagi cerita enak dan tidaknya mengurus banyak blog.

Keuntungan dan Kekurangan mengelola banyak blog

Kelebihan Mengelola Banyak Blog

1. Banyak Blog Banyak Uang

Ini adalah salah satu keuntungan yang paling menggiurkan dari blog, bayangkan saja misalnya Anda memiliki 5 blog dan masing-masing blog setiap harinya mampu menghasilkan $ 5 dari iklan, kalau 5 blog tinggal mengkalikannya saja menjadi $ 25 (kalau dalam rupiah 25 x Rp. 13.300 = Rp. 332.500), nominal tersebut masih bisa berubah-ubah tergantung nilai kurs dollar terhadap rupiah.

2. Salah Satu Blog Trafiknya Turun Diselamatkan Blog Lain

Trafik blog sifatnya tidak ada yang abadi, bisa turun drastis atau sebaliknya. Biasanya sih ketika Google mengupdate algoritma terbaru maka trafik blog jadi turun. Artinya yang anjlok tersebut tidak sesuai dengan kebijakan mesin pencari Google. Permasalahan tersebut masih ditolong blog lain sehingga Anda tetap mendapatkan penghasilnya. Coba kalau hanya memiliki satu blog? gimana nasibnya…

3. Menjadikan Blogger Sebagai Penulis Handal

Percaya dan tidak bahwa kebiasaan menulis artikel menjadikan blogger sebagai penulis handal. Pada awalnya memang sulit, namun lama-kelamaan jadi terbiasa. Ketika menemukan ide yang akan ditulis maka tidak ada 10 menit artikel sudah siap dipublish.

Kekurangan Mengelola Banyak Blog

1. Waktu di Depan Komputer Lebih Lama

Anda harus merelakan waktu di depan komputer lebih lama karena menulis artikel itu butuh ide dan inspirasi. Karena lama di depan layar maka harus pandai menjaga kesehatan mata dan olahraga harus seimbang. Bila merasa kewalahan maka sudah waktunya mengajak teman sebagai writer blog.

2. Fokus Ngeblog Jadi Berkurang

Sebelum memutuskan mengelola banyak blog pikirkan secara matang bahwa apakah mampu menulis artikel dalam beberapa nice? atau apakah blog utama trafiknya telah stabil?

Sebaiknya memulai blog baru bila blog utama visitornya tinggi dan telah stabil karena ketika membuat blog baru maka fokus Anda akan terpecah. Waktu banyak diluangkan untuk membuat artikel di blog baru sampai mendapatkan banyak visitor. Kalau tidak dilakukan secara profesional dan adil maka bisa-bisa blog utama trafiknya turun karen jarang diurusi lagi.

3. Biaya Blog Cukup Mahal

Membuat banyak blog membutuhkan biaya yang mahal, biaya tersebut bisa untuk bayar sewa hosting dan beli domain. Bisa juga untuk membayar tagihan listrik dan internet bulanan Anda. Untuk menyiasatinya bisa menggunakan platform blogger.com yang telah dicustom domain, namun tidak sebebas dan leluasa seperti menggunakan hosting sendiri.

Menulis artikel untuk beberapa blog secara otomatis memakan waktu yang lama sehingga pemakaian listrik dan kuota internet jadi meningkat.

Kesimpulan

Berdasarkan penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa mengelola banyak blog bisa mendatangkan banyak penghasilan namun di sisi lainnya sulit untuk fokus pada masing-masing blog. Boleh membuat blog baru bisa trafik blog utama sudah tinggi dan stabil, tetap lakukan secara adil menulis artikel untuk tiap blog supaya tidak kehilangan trafik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.