Telaga Mapahan

Telaga Mapahan, Tempat Wisata Indah di Kampak

Posted on 66 views

Telaga Mapahan merupakan tempat wisata baru di Trenggalek, atau 20 km ke selatan dari pusat kotaTrenggalek. Telaga ini terletak di desa Senden kecamatan Kampak, satu arah dengan jalan menuju goa ngerit atau pantai prigi via Pakel.

Ketika berkunjung ke sini, wisatawan akan disuguhkan keindahan Telaga Mapahan yang sumber mata airnya langsung dari tanah. Dulunya telaga ini sepi sekali karena terkenal angker dengan wujud ikan besar seperti siluman. Namun setelah dikelola oleh pemerintah desa Senden, menjadi tempat yang nyaman untuk berwisata.

Kata “angker” tinggal sejarah saja, karena dulu belum ada pemukiman di sekitar telaga. Untuk mengantisipasi anak kecil mandi di telaga tanpa sepengetahuan orang tua maka dibangunkan image angker. Telaga ini airnya dalam sehingga pengunjung dilarang  mandi di sini.

Pepohonan yang lebat di sekitar telaga juga telah dirapikan, tidak semrawut seperti dulu. Di belakangnya juga dibangun warung yang menjual makanan, camilan, dan aneka minuman.

Tak jarang pengunjung yang ke sini membeli minuman yang dinikmati di pinggir telaga. Rasanya semakin nikmat sambil melihat ikan misteri hehe.

Fasilitas terbilang lengkap seperti area parkir yang luas untuk mobil/ motor, toilet, dan gazebo. Serta terdapat banyak taman untuk duduk-duduk sambil melihat hamparan sawah.

 

Dokumentasi Telaga Mapahan

Akses jalan menuju telaga Mapahan cukup menarik karena melewati jalan persawahan menuju bukit. Jalan yang tersusun dari paving membuatnya tidak mudah becek ketika hujan datang karena air dapat meresap melalui celah antar paving.

Di pintu utama sebelum masuk telaga Mapahan, tersusun rapi beraneka ragam bungan dan buah-buahan. Lokasi ini biasanya dijadikan spot foto bagi wisatawan yang berkunjung ke telaga.

Air telaga Mapahan berwarna hijau nan bersih, dari dekat pengunjung dapat melihat beraneka jenis ikan yang besar-besar. Dibangunnya tempat duduk yang terbuat dari bambu membuatnya enak dijadikan tempat nongkrong sambil minum es.

Naik ke atas telaga terdapat taman arena bermain anak-anak seperti air mancur dan dandulan. Perpanduan penataan tanaman, dan taman bermain membuat tempat ini semakin indah. Pengunjung bisa melihat hamparan sawah yang luas dari bukit ini sambil mendengarkan kicauan burung.

Baca: Tempat Wisata di Trenggalek Yang Sungguh Mempesona

 

1 comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.