Cara Mengganti Theme dan ICON Ubuntu

Posted on

Bicara tentang keindahan memang tergantung dari selera masing-masing individu, ada yang mengatakan A itu bagus dan ada pula yang mengatakan B itu lebih bagus. Pada sistem operasi Linux, theme dan icon merupakan bagian dari keindahan tersebut.

Mereka yang suka dengan theme dan icon tertentu maka betah berlama-lama di depan komputer untuk mengerjakan tugas. Sebaliknya theme dan icon Ubuntu yang tidak sesuai selera akan menghipnotis pengguna untuk menggantinya.

Sebenarnya Ubuntu telah menyediakan beberapa pilihan theme dan icon yang bisa digunakan untuk mengganti tampilan defaultnya namun masih tersembunyi karena belum memasang GNOME Tweaks.

GNOME Tweaks adalah pengaturan tambahan untuk memaksimalkan kinerja Ubuntu, pengaturan ini berbeda dengan “Setting”. Untuk mengganti theme dan icon harus install GNOME Tweaks baru bisa menggantinya.

Kenapa harus menggunakan GNOME Tweaks? Ubuntu versi terbaru telah meninggalkan dekstop environment (DE) Unity sebagai defaultnya dan kini kembali menggunakan GNOME. Meski telah beralih DE, Canonical masih mempertahankan khas Unity.

Baca: Memperbaiki Touchpad Klik Kanan Pada Ubuntu

Berikut ini adalah pilihan theme yang terdapat pada Ubuntu 18.04: Adwaita (Default), Adwaita-dark, Ambiance, HighContras, HighContrasInverse, dan Radiance. Sedangkan pilihan iconnya banyak sekali diantaranya adalah: Breze, Humanity, Oxygen, LoginIcon, dan lain sebagainya.

Mempercantik Tampilan Ubuntu Dengan Mengganti Theme dan ICON

1. Hubungkan laptop dengan internet kemudian buka terminal linux. Supaya lebih cepat gunakan kombinasi tombol Ctrl + Alt + T secara bersamaan
2. Buka password super user Anda kemudian install GNOME Tweaks dengan perintah ini

sudo apt install gnome-tweaks

3. Tunggu proses installasi hingga selesai kemudian buka Tweaks
4. Pilih Appearance > Theme. Silahkan ganti theme dengan mengganti pilihan pada Application

Theme Ubuntu
Contoh tampilan theme – Adwaita-dark

5. Selain mengganti theme dan icon, Anda juga bisa mengatur sendiri ingin tampilan seperti apa dengan mengotak-atik opsi pada Appearance.

Demikianlah informasi cara mempercantik tampilan linux Ubuntu dengan mengganti theme dan icon melalui GNOME Tweaks. Selain itu bila bosan dengan tampilan desktop GNOME bisa ganti ke Xfce atau KDE, mengenai tutorial cara menggantinya akan dibahas pada artikel selanjutnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.