Memperbaiki Touchpad Klik Kanan Pada Ubuntu

Posted on

Tidak berfungsinya touchpad klik kanan pada laptop yang menggunakan Ubuntu menjadi masalah serius dikalangan pengguna sistem operasi turunan Debian tersebut. Alih-alih ingin memanfaatkan klik kanan untuk menjalankan perintah tertentu malah tidak bisa.

Bila Anda termasuk salah satu pengguna Ubuntu yang touchpad klik kanannya tidak berfungsi maka tepat sekali membaca artikel ini karena akan dibagikan solusi atas permasalahan tersebut. Tidak berfungsinya klik kanan hanya berlaku ketika menggunakan touchpad sedangkan ketika disambungkan dengan mouse normal kembali.

Banyak yang beranggapan kenapa tidak bisa klik kanan dikarenakan touchpadnya rusak padahal ada masalah pengaturan pada Mouse and Click Emulation. Pengaturan mouse ini tidak bisa Anda temukan di Ubuntu kecuali telah memasang GNOME Tweaks.

Baca: Cara Install Screemfetch di Linux (Ubuntu dan Mint)

Dulunya TERAA.NET juga sempat kebingungan kenapa tiba-tiba touchpad klik kanan Ubuntu tidak berfungsi padahal sebelumnya normal-normal saja. Merasa ada yang janggal dengan permasalahan tersebut akhirnya tanya kepada yang ahlinya dan akhirnya menemukan jawabannya.

Baik langsung saja berikut ini adalah cara mengaktifkan touchpad klik kanan pada Ubuntu dengan GNOME Tweaks.

 

Cara Memperbaiki Touchpad Klik Kanan Tidak Berfungsi Pada Linux Ubuntu

1. Hubungkan laptop dengan internet kemudian buka terminal linux. Supaya lebih cepat gunakan kombinasi tombol Ctrl + Alt + T secara bersamaan
2. Buka password super user Anda kemudian install GNOME Tweaks dengan perintah ini

sudo apt install gnome-tweaks

3. Tunggu proses installasi hingga selesai kemudian buka Tweaks
4. Pilih Keyboard & Mouse kemudian Mouse Click Emulation

5. Klik kanan menggunakan touchpad pada “Area -Click the bottom right of the touchpad for right click and the bottom middle for middle-clik”
6. Sekarang silahkan Anda coba dengan clik kanan, hems berhasil bukan?

Demikianlah informasi cara mengatasi klik kanan yang tidak berfungsi pada laptop dengan GNOME Tweaks. Tutorial ini bisa diterapkan pada semua distro Ubuntu yang menggunakan dekstop environment GNOME (versi 18.04 +), sedangkan yang menggunakan Unity tidak bisa.

Akhir kata, jangan lupa bagikan artikel ini pada khalayak banyak bila dirasa sangat bermanfaat dan bisa membantu sesama pengguna Ubuntu untuk mengaktikan touchpad klik kanan yang tidak berfungsi.

 


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.