Cara Install Screenfetch di Linux Mint

Posted on

Screenfetch adalah script bash yang menampilkan sistem informasi Linux dan hardware pada komputer. Informasi tersebut mencakup nama OS, kernel, dekstop environment, CPU, RAM, dan GPU.

Screenfetch hanya mendukung sistem operasi Linux karena hanya bisa dipasang dan dijalankan melalui terminal. Informasi yang berkaitan dengan sistem Linux ditampilkan secara apik dengan logo masing-masing distro Linux.

Kelihatannya sih sederhana namun kalau diamati sangat unik dan menarik sehingga membuat pengguna Linux pada ramai membagikannya di sosial media seperti Facebook.

Baca: Peringkat Distro Linux Terbaik Saat Ini

Jujur TERAA.NET juga mengetahui screenfetch dari komunitas Ubuntu Indonesia, karena penasaran dan ingin mencobanya akhirnya googling dan menemukan jawabannya.

Berikut ini adalah user interface screenfetch pada Linux Mint, untuk membukanya silahkan buka terminal Linux kemudian ketik “screenfetch” tanpa tanda kutip, kemudian enter.

Screenfetch Linux Mint
Tampilan Screenfetch Linux Mint

Perintah “screenfetch” baru bisa jalan bila pengguna Linux telah menginstallnya. Bisa dikatakan screenfetch adalah aplikasi yang berjalan diterminal Linux.

Setiap distro Linux mempunyai tampilan logo yang berbeda-beda, untuk itu keindahan tergantung dari para developer mengkombinasikan huruf menjadi logo (ASCII) yang unik pada screenfetch.

Screenfetch Ubuntu
Tampilan Screenfetch Ubuntu

Cara Install Screenfetch di Linux (Ubuntu dan Mint)

Tertarik ingin mencoba screenfetch pada Linux Anda? silahkan simak caranya berikut ini. Pada contoh ini menggunakan Ubuntu dan Linux Mint, karena keduanya sama-sama menggunakan based Ubuntu maka cara installnya juga sama.
1. Hubungkan komputer/ laptop dengan internet
2. Buka terminal Linux kemudian ketik perintah ini

sudo apt-get update
sudo apt-get install screenfetch

Selain melalui perintah tersebut, bila ingin install screenfetch dari PPA ini adalah perintahnya

sudo apt-add-repository ppa:djcj/screenfetch
sudo apt update
sudo apt install screenfetch

3. Jalankan screenfetch dengan mengetik perintah berikut ini

 screenfetch

4. Selamat kini Anda berhasil install screenfetch pada Linux Ubuntu beserta distro turunannya yang lain seperti Linux Mint dan Elementary OS.

Demikianlah informasi cara install dan menjalankan screenfetch dari terminal Linux, semoga informasi ini dapat memberikan manfaat untuk Anda khususnya yang mencari jawaban atas pertanyaan tentang screenfetch Linux.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.