Cara transfer domain

Kapan Waktu Yang Tepat Melakukan Transfer Domain?

Posted on

Transfer domain adalah proses pemindahan domain dari registar satu ke registar lain. Ada beberapa alasan kenapa para blogger ingin memindahkan domain yang dibeli dari provider x ke provider y diantaranya adalah harga murah, fitur yang ditawarkan cukup lengkap seperti email forwader, dan management DNS.

Pemindahan domain bisa dilakukan hanya domain itu sendiri atau bersamaan dengan hosting karena ketika membeli hosting dengan durasi minimal 1 tahun mendapatkan gratis domain atau transfer domain. Demi keamanan sebaiknya antara domain dan hosting harus berbeda, tidak boleh sepaket. Hal tersebut untuk menghindari bila terjadi kekacauan seperti hosting di suspend maka domain juga tidak bisa diakses. Anda boleh memindahkan domain ke penyedia domain dan hosting yang sama namun jangan sepaket, jadi nanti tinggal update Name Server yang diarahkan ke hosting.

Syarat melakukan transfer status domain harus dalam keadaan unlock, kalau masih lock maka ubahlah melalui kelola domain. Kemudian carilah kode EPPnya, kode ini digunakan untuk transfer domain. Kode EPP merupakan kepanjangan dari Extensible Provisioning Protocol. Yang artinya yaitu suatu kode pengamanan untuk melakukan transfer nama domain. Tanpa kode ini anda tidak dapat melakukan transfer domain ke registrar lainnya.

EPP merupakan kode untuk membuktikan bahwa nama domain benar-benar milik Anda dan bukan milik orang lain. Kode EPP terdiri dari kombinasi beberapa huruf dan angka yang sifatnya unik. Setiap domain memiliki kode EPP yang berbeda-beda, jadi pastikan ketika Anda membeli domain mendapatkan kode ini.

Waktu Yang Tepat Melakukan Transfer Domain

Tutorial cara melakukan transfer domain sudah banyak sekali di internet, jadi Anda tinggal mempelajarinya. Sebelum memutuskan transfer sebaiknya Anda pahami dulu kapan waktu yang tepat untuk melakukan transfer domain. Domain yang kita beli/ sewa mempunyai jangka waktu tahunan, ada yang 1 tahun, 2 tahun, dan seterusnya tergantung Anda membelinya berapa tahun.

Supaya tidak mubazir sebaiknya lakukan transfer ketika domain hampir habis masanya. Waktu yang paling tepat adalah seminggu menjelang domain expired, jangan sampai menunggu habis masanya. Proses pemindahan antar registar memerlukan waktu 3 hingga 7 hari, nantinya kalau transfernya sukses akan diberi notifikasi via email.

Baca: Ternyata Domain .XYZ Diciptakan Untuk Semua Kalangan

Tahapan Melakukan Transfer Domain

Transfer domain tidak langsung jadi ketika Anda mengajukannya, harus melewati beberapa tahap sampai dinyatakan berhasil. Berikut ini tahapan dalam melakukan transfer domain:
1. Cari registar atau penyedia domain sebagai tujuan transfer
2. Daftar sebagai member di registar baru
3. Pilih menu transfer domain, dan lakukan dengan memasukkan nama domain Anda beserta kode EPPnya
4. Bayar biaya transfer domain, tunggu sampai status pembayarannya berhasil
5. Di sini status transfer masih pending, nunggu 3 sampai 7 hari baru berhasil
6. Nantinya registar baru mengirimkan email persetujuan transfer jadi Anda harus mengekliknya
7. Tunggu sampai Anda mendapatkan email langi yang menyatakan transfer berhasil
8. Bila gagal silahkan hubungi registar baru dan lama  untuk mencari solusinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *