Cara Verifikasi Blog dengan DNS Record

Posted on 47 views

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh, halo sahabat blogger di seluruh nusantara semoga Anda baik-baik saja dan selalu dalam perlindungan Allah SWT. Lama tidak menulis artikel tentang blog kali ini TERAA.NET akan berbagi informasi cara verifikasi blog dengan DNS Record ke Google Search Console.

Meskipun banyak blogger yang membahasnya namun tidak semua tulisannya bisa menjawab permasalahan yang ada yaitu tentang gagalnya verifikasi di Google Search Console. Jujur tampilan baru ini cukup ribet tidak sesimpel Google Webmaster dulu, memang sih banyak fitur terbaru yang disematkan di sini namun bagi pemula pasti kebingungan menggunakannya seperti melakukan verifikasi situs.

Biasanya Google Search Console memberikan lima metode verifikasi situs seperti HTML Tag, HTML File, Google Analytics, Google Tag Manager, dan Domain Name Provider. Entah kenapa ketika melakukan verifikasi pada salah satu situs berplatform blogger.com pilihannya cuma satu yaitu Domain Name Provide (DNS Record).

Baca: Cara Verifikasi Blog ke Bing Webmaster Tool dan Yandex

Dari kelima metode verifikasi tersebut yang sering dipakai adalah HTML Tag, dengan memasang kode di bawah kode <head> sudah bisa diverfikasi. Masalahnya ini pilihannya cuma pakai DNS Record dan mau tidak mau Anda harus melakukannya supaya artikel cepat keindeks mesin pencari.

Bila Anda mempunyai masalah seperti itu, berikut ini akan dijelaskan cara verifikasinya. Yang Anda lakukan adalah menambahkan TXT Record di DNS Management domain Anda, untuk itu pastikan login terlebih dahulu di penyedia domain dengan akun yang telah terdaftar.

Cara Verifikasi Google Webmaster Dengan DNS Record

1. Buka Google Search Console kemudian login dengan akun Google Mail (GMAIL)
2. Pilih Add Property/ Tambahkan Property, di sini ada dua tipe yaitu Domain dan URL Prefix. Sebelum menambahkan domain, Anda harus tahu perbedaan diantara keduanya.
Domain: digunakan untuk situs web/ blog yang tidak menggunakan subdomain, misalnya teraa.net
URL Prefix: digunakan untuk situs web/ blog yang menggunakan sub domain, misalnya teraa.blogspot.com, admin.teraa.net
Verifikasi Blog
3. Tidak semua situs web/ blog tersedia beberapa metode verifikasi terkadang pilihannya cuma satu yaitu lewat DNS Record. Silahkan copy kode Google Sire Verification dan tambahkan di DNS Management domain Anda
Cara verifikasi blog di Google Search Console
4. Contohnya seperti ini, tambahkan record baru dengan isian:
Record Type: pilih TXT
Text Information: Paste dari Google Site Verification tadi
Verifikasi DNS Record Google Search Console
5. Kembali ke halaman verifikasi Google Search Console kemudian klik Verify, bila muncul pesan Ownership Verification Failed jangan panik dulu karena perubahan DNS Management membutuhkan waktu. Tunggu lima hingga sepuluh menit kemudian Verify ulang
Domain Name Provide Google Search Console
6. Bila berhasil maka statusnya Ownership Verified
Menambahkan Sitemap Google Search Console
7. Lanjutkan pilih Go Property kemudian tambahkan peta situs supaya semua artikel yang ada di dalam situs web/ blog cepat diindeks Google. Caranya pada deretan menu sebelah kiri halaman Google Search Console pilih Sitemaps > Add New Sitemap > nama url/sitemp.xml.
Contoh: teraa.net/sitemap.xml

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.