Cara Menonaktifkan Web Access Protection ESET Antivirus

Posted on 200 views

Pengguna ESET Antivirus pasti pernah merasakan ketika membuka halaman situs yang dianggap ada virusnya terkena blokiran Web Access Protection. Kalau sudah begini maka situs tersebut tidak bisa diakses kecuali penggunanya menonaktifkan proteksi web pada ESET Antivirus.

ESET Antivirus yang dulunya bernama NOD32 memiliki tiga produk antivirus yaitu ESET Antivirus, ESET Internet Security, dan ESET Smart Security. Dari ketiga varian tersebut yang memiliki fitur Web Access Protection adalah versi Internet dan Smart Security.

Web Access Protection pada ESET Antivirus mampu melindungi komputer dari serangan antivirus ketika surfing di dunia maya. Artinya ketika salah membuka situs website yang ada virusnya maka secara otomatis antivirus ini akan mendeteksi bahwa halaman tersebut berbahaya.

Cara kerjanya adalah dengan memblokir link halaman situs, dengan begitu pengguna komputer tidak bisa mengaksesnya. Jangan sampai data-data penting seperti username dan password jejaring sosial yang telah Anda buka melalui browser ikut diambil alih orang lain ketika salah membuka halaman situs.

Mesin deteksi ESET Antivirus ini bekerja seperti robot sehingga sulit membedakan mana halaman situs yang benar-benar ada virusnya atau dianggap virus. Biasanya situs yang menyediakan aplikasi software, patch, dan crak terdeteksi oleh ESET Anvirus sehingga tidak bisa membukanya karena telah keblokir.

Untuk itu sebagai pengguna ESET Antivirus harus menonaktifkan terlebih dahulu fitur Web Access Protection baru bisa membuka situs yang dianggap ada virusnya, baiklah berikut ini cara menonaktifkannya.

Cara Disable Proteksi Web di ESET Antivirus

1. Klik kanan icon ESET Antivirus yang ada di bar pojok kanan bawah Windows kemudian pilih ESET Antivirus

2. Pilih menu Setup > dan klik Internet Protection

Web Access Protection

3. Nonaktifkan atau matikan Web Access Protection dengan menggeser ke kiri hingga indikatornya berubah dari hijau menjadi merah

4. Selamat, kini Anda berhasil menonaktifkannya. Untuk menguji apakah berhasil membuka halaman situs yang keblokir silahkan reload halaman tersebut dan lihat hasilnya.

Baca: Cara Mengatur Pengecualian Scan ESET Antivirus

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.