Cara Menambahkan URL Situs Blog ke Google AdSense

Posted on 5 views

Fitur terbaru dari Google AdSense versi web adalah adanya Saluran URL yang memungkinkan publisher untuk melihat detail laporan dari daftar situs yang telah ditambahkannya. Saluran URL berbeda dengan Saluran Khusus karena sistem akan mengidentifikasi berdasarkan link situs website/ blog bukan berdasarkan pengelompokkan iklan seperti pada saluran khusus.

Sebenarnya fitur Saluran URL (channel URL) telah ada sejak tahun 2019 namun TERAA.NET baru mengetahuinya setelah membuka dashboard Google AdSense menggunakan browser komputer beberapa hari yang lalu. Penasaran dengan fungsi channel URL akhirnya mencoba menambahkan link situs dan ternyata menampilkan laporan pendapatan AdSense secara detail dari masing website/ blog.

Pastinya banyak publisher yang belum tahu fungsi fitur ini karena jarang mengakses dashboard AdSense akibat sepinya pengunjng yang beralih ke YouTube. Semenjak artis ikutan membuat channel YouTube maka konten blog ikutan jadi sepi, mereka lebih suka melihat tayangan video daripada membaca artikel.

Baca: Cara Mengatasi Earning at Risk… Google AdSense

Ide penulisan artikel ini bermula ketika ingin menghapus situs dari Google AdSense kare domainnya telah expired dan enggan memperpanjangnya. Alih-alih menemukan tempat menghapus URL di Google AdSense malah menemukan channel URL. Rekan publisher yang memiliki banyak situs sebaiknya membuat saluran URL untuk mempermudah melihat detail laporannya.

 

Cara Membuat Saluran URL Pada Google AdSense

1. Silahkan login ke dashboard Google AdSense menggunakan akun yang telah terdaftar
2. Perhatikan deretan menu Google AdSense di sebelah kiri, pilih Iklan
3. Lanjutkan plih Channel URL/ Saluran URL kemudian tambahkan link website/ blog di kolom sebelah kanannya

Menambahkan link website di Google AdSense
Tampilan Saluran URL baru

4. Selamat link berhasil ditambahkan, untuk melihat detail laporan Google AdSense klik URL-nya

Menambahkan link blog di Google AdSense
Tampilan laporan default Google AdSense

Saluran URL ini akan memuat laporan tentang ringkasan penghasilan, jumlah klik, jumlah tayangan iklan, tampilan efektif, RPM Halaman, dan PPS Tayangan. Selain itu Anda juga bisa melihat jenis platfom yang digunakan untuk klik iklan dan darimana pengunjung tersebut berasal. Biasanya kalau dari luar negeri hasil perklik gede dibandingkan pengunjung lokal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.