Sejarah Youtube Rewind

Pengertian Youtube Rewind dan Sejarahnya

Posted on

Sebagai penikmat Youtube tentunya Anda pernah melihat Youtube Rewind menjelang pergantian tahun baru. Para content creator berlomba-loma membuat video Youtube Rewind semenarik mungkin. Di Indonesia sendiri ide ini digagas oleh Reza Oktavian bersama Candra Liow, dan mereka berdualah yang membuat Youtube Rewind hingga terkenal saat ini.

Belum diketahui secara pasti darimana asal Youtube Rewind, kalau diamati dari asal-usulnya sih mengadopsi yang dilakukan Youtuber barat. Youtube Rewind bukan berasal dari Youtube dan Google, ini merupakan bentuk apresiasi kepada para Youtuber yang memiliki content menarik. Kenapa bukan content bagus? karena yang diberi nominasi sangat beragam, bukan hanya bagus saja melainkan ada Youtuber yang paling dibenci, Youtuber dengan jumlah subscriber terbanyak, dan lain sebagainya.

Youtube Rewind menghadirkan ringkasan video viral yang pernah menjadi trending di youtube selama tahu tahun. Ini merupakan ringkasan video yang menjadi trend dan menjadi tonggak bersejarah setiap tahunnya untuk mengunggah video reaksi.

Pengertian Youtube Rewind

Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa Youtube Rewind adalah pemberian penghargaan kepada para Youtuber yang masuk dalam nominasi tertentu. Yang memberikan Youtube Rewind ya content creator atau Youtuber itu sendiri. Reza Oktavian mengatakan membuat Youtube Rewind itu mahal karena dana untuk membuat bukan mendapatkan bantuan dari Youtube melainkan uang sendiri.

Dulunya yang mengenalkan Youtube Rewind hanya beberapa Youtuber terkenal saja, namun sekarang semua bisa membuatnya. Yang menarik di penghujung tahun 2017, Yotube Rewind bukan menampilkan nominasi antar Youtuber saja melainkan antar kota. Saking kompaknya setiap kota memiliki Youtube Rewind sendiri.

Baca: 14 Rahasia Supaya Video Youtube Jadi Trending

Youtube Rewind menguji skill dari masing-masing content creator, pasalnya video yang dibuat harus menarik dan bisa mendatangkan banyak viewer. Semakin banyak viewernya maka pundi-pundi uang akan mengalir ke rekening para content creator. Perlu dipahami orang mau mengunggah video secara gratis di Youtube selain untuk berbagi video juga mendapatkan penghasilan.

Kalau mereka tidak dapat reward mana mau menghabiskan waktunya untuk ngrekam video dan berlama-lama duduk di depan komputer untuk edit dan mengunggah video.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *