Linux Tails

Membuat USB Bootable Linux Tails

Posted on

Distro Linux dikembangkan sesuai kebutuhan pengguna sehingga macamnya banyak sekali. Kalau Anda mencari distro yang familiar dan mudah digunakan maka jawabannya Linux Mint dan Ubuntu, namun bila mencari distro untuk developer maka Debian adalah pilihan yang tepat.

Selain yang telah dijelaskan di atas masih banyak distro lain yang orang jarang mengetahuinya yaitu Tails. Distro ini mulai viral karena Edward Snowden hacker yang berhasil membobol NASA juga menggunakannya sehingga membuat rasa penasaran TERAA.NET untuk mencobanya.

The Amnesic Live System atau yang disingkat Tails adalah distro Linux dengan tingkat keamanan tinggi karena fokus pada security, privacy, dan anonimity. Sesuai dengan namanya The Amnesic Live System, distro ini diciptakan untuk live tanpa terinstall pada harddisk komputer.

Tails dapat dijalankan melalui USB Flashdisk sehingga cocok sekali dibawa jalan-jalan tanpa membawa laptop, cukup pinjam punya teman maka Tails bisa dijalankan via USB Flashdisk. Tools yang tersedia juga standar seperti Linux pada umumnya namun telah dilengkapi browser khusus anti sadap yang bernama Tor.

Baca: Mengenal 8 Macam Dekstop Environment Linux

Software Tor yang merupakan bagian dari Tails yang pada awalnya dikembangkan oleh Laboratorium Riset Angkatan Laut AS. Program ini ramai digunakan oleh orang-orang yang oleh sebab tertentu tak ingin diketahui identitasnya di internet, mulai dari aktivis, pembocor seperti Snowden, hingga bandar narkoba online di pasar gelap macam Silk Road.

Tails membuat pemakaian Tor jadi lebih mudah. Pengguna cukup melakukan booting ke sistem Tails, dan Tor akan otomatis berjalan tanpa perlu pengaturan apapun. Selesai menggunakan, komputer bisa di-restart ke sistem operasi sehari-hari. Tak akan ada yang tahu apa yang dilakukan pengguna selama memakai Tails.

Untuk mempelajari Tails harus mencoba versi live dulu dan itu bisa dibuat melalui USB Flashdisk maupun DVD. Berikut ini akan dijelaskan cara membuat bootable Linux Tails supaya bisa dijalankan di Flasdisk. Sebelum itu pastikan Ada telah mendownload USB Image di https://tails.boum.org.

 

Kelebihan Linux Tails

1. Semua Koneksi dipaksa melewati service TOR
2. Tidak meninggalkan jejak (Digital Footprint) pada mesin kecuali diperintahkan serupa
3. Dengan TOR Browser, gampang menyelami darknet
4. Fitur enkripsi luks pada file persistence
5. Dapat melewati blokir internet positif
6. Dapat booting dengan metode BIOS maupun UEFI.

 

Cara Menjalankan Tails di USB Sticks

1. Download distronya terlebih dahulu di official website Tails
2. Tersedia dua pilihan link download yaitu direct dan torrent, sebaiknya pakai BitTorrent saja karena proses downloadnya cepat dan anti gagal
3. Tunggu proses download hingga selesai maka akan mendapatkan distro Linux Tails dengan ekstensi .img
4. Siapkan Flashdisk minimal 8 GB kemudian tancapkan ke komputer
5. Download dan install Etcher untuk membuat bootable live USB

6. Perhatikan gambar di atas, Select Image (cari distro Linux Tails yang telah Anda download tadi) kemudian pilih USB Flashdisk yang akan dibuat live
7. Terakhir klik Flash untuk memulai membuat bootable Linux Tails, tunggu prosesnya hingga selesai
8. USB bootable Linux Tails telah berhasil, silahkan coba masuk BIOS kemudian boot priority pilih USB Flashdisk.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.