Cara Install Neofetch di Linux Ubuntu dan Turunannya

Posted on

Cara install Neofetch di sistem operasi Linux Ubuntu dan turunannya merupakan kelanjutan dari artikel sebelumnya yaitu tentang “Cara Install Screenfetch di Linux Mint.” Kalau tidak dibahas semua rasanya ada yang kurang karena keduanya sama-sama menampilkan informasi singkat mengenai sistem operasi dan hardware.

Ini adalah salah satu kelebihan Linux jika dibandingkan Windows yaitu bisa menampilkan informasi sistem Linux dalam mode GUI (Graphical User Interface) dan ASCII melalui terminal Linux. Terminal ini kalau di Windows fungsinya mirip command prompt yaitu sebagai tempat untuk menjalankan perintah dengan barisan kode.

ASCII adalah standar internasional yang menggunakan huruf dan simbol sebagai kodenya. Gabungan huruf dan simbol inilah yang menampilkan logo distro Linux

Menurut pengamatan TERAA.NET setelah mencoba keduanya tidak ditemukan perbedaan yang signifikan antara Neofetch dan Screenfetch, yang membedakan paling cuma tampilan warna kotak-kotak di bawah informasi Linux. Berikut ini adalah tampilan Neofetch pada Linux Mint yang menggunakan dekstop environment Xfce.

Cara install Neofetch di Linux
Tampilan Neofetch di Linux Mint Xfce

Mungkin pengguna Linux pemula pada bertanya-tanya, kenapa gambar Neofetch yang ditampilkan kok menggunakan Linux Mint? bukan Ubuntu? untuk menjawabnya mari pahami dulu macam-macam turunan dari Ubuntu.

Turunan Ubuntu macamnya banyak sekali, ada Linux Mint dan Elementary OS sehingga perintah yang digunakan juga sama yaitu menggunakan based Ubuntu.

Cara Mengetahui Sistem Informasi Linux Dengan Neofetch

1. Hubungkan komputer dengan internet kemudian buka terminal Linux
2. Masuk ke super user Linux dengan mengetik

sudo su

3. Download Neofetch dengan perintah sebagai berikut

sudo apt update
sudo apt install neofetch

4. Jalankan Neofetch

neofetch

5. Cara Uninstall Neofetch

sudo apt-get remove neofetch

6. Remove Neofetch dengan file dependensinya

sudo apt-get remove --auto-remove neofetch

Neofetch yang telah terinstall akan menyatu dengan terminal Linux, untuk itu membuka Neofetch juga harus melalui terminal Linux. Meskipun ditampilkan dalam mode ASCII, informasi Linux kelihatan jadi lebih menarik dan hidup.

Informasi yang diperoleh dari Neofetch sebenarnya ada 3 yaitu logo, sistem Linux, dan hardware komputer. Semakin rumit logo distro Linux yang digunakan maka semakin menarik untuk dilihat.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.