Cara Downgrade Plugin WordPress

Posted on 18 views

Selain bisa diupdate ternyata plugin WordPress juga bisa di downgrade. Ini merupakan kebalikan dari update dimana downgrade plugin WordPress akan mengembalikan ke versi sebelumnya. Kenapa pengguna WordPress ada yang menginginkan kembali menggunakan plugin terdahulu daripada yang paling update? untuk menjawabnya simak dulu penjelasannya berikut ini.

Salah satu alasan kenapa platform WordPress begitu disukai oleh para blogger karena dukungan plugin yang melimpah. Anda bisa menggunakan plugin gratisan maupun berbayar untuk membangun situs yang sesuai harapan pemiliknya. Ketika telah terpasang pada WordPress, plugin ini akan terus diupdate oleh pembuatnya.

Plugin yang tersedia di repository WordPress akan diupdate mengikuti perkembangan versi WordPress. Setiap kali ada update WordPress maka pengembang akan menyesuaikan dengan update tersebut. Selain itu biasanya untuk menyempurnakan plugin yang ada akibat terjadinya bug atau error.

Plugin ini dapat diatur secara otomatis untuk update dengan sendirinya maupun secara manual. Kebanyakan blogger lebih memilih manual karena untuk menghindari kesalahan bila plugin tersebut tidak kompatibel dengan WordPress maupun plugin lain. Namun bila Anda telah terlanjut update plugin namun terjadi error maka wajib memakai plugin versi sebelumnya.

Istilah penurunan versi plugin ini disebut downgrade, kalau meninggikan disebut update. Untungnya repository WordPress menyimpan semua update plugin dari awal hingga versi terbaru yang dapat di download secara manual oleh pengguna WordPress.

Contohnya kemarin Yoast SEO mengupdate plugin versi terbarunya, namun setelah terpasang terjadi error pada AMP-nya. Untuk menghilangkan error tersebut diputuskan menggunakan plugin versi sebelumnya dan ternyata berhasil mengatasi permasalahan itu. Sambil menunggu update pembaharuan lebih baik downgrade dulu dengan mengikuti langkah-langkah berikut ini.

 

Cara Downgrade Plugin Versi Sebelumnya

  1. Buka halaman WordPress Plugin [Bahasa Indonesia] [Bahasa Inggris], kemudian cari plugin yang akan di downgrade dengan mengetik keyword atau nama plugin
  2. Di sini TERAA.NET mencontohkan downgrade Yoast SEO, setelah halaman plugin terbuka pilih Advanced View
    Advanced View Plugin WordPress
  3. Pada Previous Version klik Development Version kemudian pilih plugin versi dibawahnya, lalu download
    Downgrade plugin WordPress
  4. Anda akan mendapatkan plugin hasil download dengan ekstensi .zip
  5. Kembali ke dashboard WordPress > Plugins > Add New > Upload Plugin > Choose File (cari plugin) kemudian install now
  6. Aktifkan plugin hasil downgrade, bila muncul notifikasi untuk update abaikan saja. Selamat kini Anda berhasil downgrade plugin WordPress.

Baca: Cara Setting Glue for Yoast SEO & AMP

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.