membuat email forwarding

Membuat Email Forwarding Melalui Panel Domain

Posted on 21 views

Di penelusuran internet sulit sekali menemukan tutorial cara membuat email forwarding melalui panel domain, kalaupun ada biasanya melalui panel hosting. Masalahnya tidak semua pemilik domain membeli layanan hosting, mereka hanya menggunakan domain untuk mengcustom blog yang telah ada seperti blogger.com.

Keuntungan membuat email forwarding adalah kelihatan lebih keren dan profesional. Misalnya sekarang Anda menggunakan Google Mail (Gmail) sebagai email utamanya, kemudian membeli domain menggunakan nama Anda sendiri maka setelah membuat email forwarding pesan masuk yang dikirimkan akan diteruskan ke Gmail.

Misalnya untuk domain teraa.net, kemudian membuat email forwarding admin@teraa.net. Dalam hal ini admin@teraa.net hanya sebagai perantara untuk dikirimkan ke email utama/ tujuan.

Keuntungan lain adalah hemat biaya (murah), berbeda ketika membeli hosting yang butuh ratusan ribu hingga jutaan rupiah. Baiklah sebelum menuju tahap pembahasan alangkah baiknya kita pahami dulu pengertian email forwarding karena belum tentu semua sudah mengetahuinya.

 

Pengertian Email Forwarding

Email forwarding adalah alamat email yang dibuat untuk meneruskan pesan dari suatu email ke email yang berbeda. Tujuan dari pengiriman pesan ini nantinya menuju ke alamat email utama milik Anda sendiri.

 

Persyaratan Yang Harus Terpenuhi

Tidak semua penyedia domain menyediakan fitur email forwarding, untuk itu belilah domain di tempat yang terpercaya seperti Idwebhost. Anda juga bisa mendapatkan hosting kualitas terbaik dengan harga terjangkau di Idwebhost.

Berikut ini adalah contoh fitur email forwarding di panel domain. Selain itu juga ada fitur unggulan seperti Buat Nameserver sendiri dan Kontak Domain untuk memanipulasi alamat yang sebenarnya.

 

Cara Membuat Email Forwarding di Panel Domain

Silahkan login ke panel domain, kemudian pilih Kelola Domain > Email Forwarding. Perhatikan gambar berikut ini, Awalan (nama depan alamat email) dan Teruskan Ke sebagai alamat email tujuan. Simpan perubahan dan lihat hasilnya.

Email forwarding yang telah jadi adalah admin@varizal.my.id. Bila ada yang mengirimkan pesan ke alamat tersebut maka diteruskan ke sayavarizal@gmail.com.

Baca: Cara Membuat Email Dengan Ekstensi Domain di Panel Hosting

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.