Webmail

Cara Menjalankan Webmail di Smartphone Android

Posted on 7 views

Setiap pengguna hosting bisa membuat email dengan menggunakan nama ekstensi domain yang telah dimilikinya. Misalnya untuk teraa.net dengan email admin@teraa.net. Email tersebut dapat dibuka menggunakan Mail Client dari masing-masing hosting, namun bisa dibuat lebih mudah supaya dapat diakses melalui Android. Berikut ini adalah cara menjalankan Webmaail kita sendiri menggunakan smartphone Android.

 

Pengertian Webmail

Pengertian Webmail di sini adalah layanan yang diberikan oleh penyedia hosting untuk membuat email dan mengelola email. Tanpa menghubungkan Webmail dengan Mail Client yang terdapat pada smartphone Android maka Anda harus login ke cPanel hosting untuk membuka email. Daripada ribet mendingan hubungkan Webmail dengan Mail Client seperti Google Mail, Yahoo Mail,  dan Mail bawaan masing-masing pabrikan smartphone.

Membuat email dengan nama ekstensi domain membuat website Anda lebih profesional di mata orang lain. Dalam hal ini diasumsikan Anda telah berhasil membuat email sendiri di layanan hosting dan tinggal menjalankannya melalui smartphone Android. Tutorial cara membuat email dengan ekstensi domain dapat Anda baca melalui link berikut ini.

Baca: Cara Membuat Email Sendiri Dengan Nama Ekstensi Domain

Tampilan Rouncube cPanel Webmail admin@teraa.net

Setelah berhasil membuat email sendiri langkah selanjutnya adalah menghubungkan dengan Mail Client. Sebenarnya setiap penyedia layanan hosting menyediakan Mail Client Manual Settings dan Anda tinggal mengikutinya. Meskipun begitu masih saja banyak yang bingung bagaimana caara mengubungkannya dengan Mail Client yanga ada di smartphone Android.

 

Pengaturan Dasar Masing-Masing Mail Client

Berikut ini adalah contoh pengatutan dasar Mail Client pada penyedia hosting Domainesia. Untuk hosting lain kurang lebih caranya sama, yang beda hanya terletak pada nama pengguna, kata sandi, server masuk, dan server keluar. Port server masuk semuanya sama yaitu terdiri dari IMAP Port dan POP3 Port. Server keluar juga sama yaitu hanya menggunakan SMT Port. Selengkapnya lihat contoh pengaturan dasar Mail Client berikut ini.

Pengaturan Secure SSL/TLS Settings (Disarankan)

Nama pengguna: admin@teraa.net
Kata sandi: Gunakan kata sandi akun email
Server Masuk: mail.teraa.net
IMAP Port: 993 POP3 Port: 995
Server Keluar: mail.teraa.net
SMTP Port: 465

 

Pengaturan Non-SSL (TIDAK Disarankan)

Nama pengguna: admin@teraa.net
Kata sandi: Gunakan kata sandi akun email.
Server Masuk: mail.teraa.net
IMAP Port: 143 POP3 Port: 110
Server Keluar: mail.teraa.net
SMTP Port: 587

**Pilih SSL atau Non SSL? silahkan sesuaikan dengan blog Anda, bila menggunakan HTTPS berarti pilih SSL. Bila hanya HTTP pilih Non SSL

 

Cara Membuat cPanel Webmail Smartphone Android

Anda tidak perlu install aplikasi Mail Client di smartphone Android, cukup menggunakan bawaannya. Secara default pasti mendapatkan Mail Client Google Mail dan Mail bawaan masing-masing pabrikan. Sebaiknya gunakan bawaan pabrikan saja, dalam contoh ini admin menggunakan Mail milik Samsung.

Caranya buka Mail kemudian tambahkan akun (Add account). Ketik email Anda kemudian ikuti perintahnya dengan mengisikan kata sandi, server masuk, dan server keluar. Dalam hal ini lihat di petunjuk pengaturan dasar Mail Client yang ada di hosting Anda.

Setelah terhubung dengan Mail Client yang ada di Android kini Anda tidak perlu lagi masuk cPanel hosting untuk mengirimkan pesan maupun membaca pesan email.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.