Membuat Tabel Responsive

Membuat Tabel Responsive di Blogger Tanpa Koding

Posted on 32 views

Blogger (blogspot) menawarkan fitur terbaru yang memungkinkan pengguna untuk membuat tabel responsive tanpa menggunakan kode HTML dan CSS. Fitur ini bila diaplikasikan dalam postingan blog dengan menambahkan tabel responsive maka pengguna akan hemat waktu daripada mata berkunang-kunang menulis kode.

Apa yang ditawarkan oleh blogger ini serasa menggunakan Content Management System (CMS) WordPress dan Joomla, tinggal klik dan klik maka jadilah tabel responsive. Sebelumnya pengguna selalu kesulitan membuat tabel responsive karena harus menambahkan kode HTML dan CSS ke dalam postingan blog.

Meskipun begitu masih banyak pengguna blogger yang tidak memanfaatkan fitur tabel responsive dan mereka lebih memilih menggunakan kode HTML dan CSS. Ada beberapa kemungkinan kenapa tetap bertahan menggunakan cara lama diantaranya adalah karena kurang tahu akan fitur tabel dan terpengaruh artikel dari blog lain yang memberikan panduan membuat tabel menggunakan kode.

 

Tabel Responsive Tanpa Koding

Maaf, sejak pertengahan tahun 2020 blogger.com telah menghapus fitur tabel dari Text Editor, namun Anda tetap bisa melihat videonya melalui tayangan YouTube: Cara Membuat Tabel Responsive Tanpa Koding

Tidak diketahui secara pasti kenapa blogger menghapus fitur tabel, mungkin ada bug sehingga dihilangkan dari Text Editor. Mudah-mudahan kedepannya fitur tabel muncul lagi karena sangat bermanfaat untuk membuat tabel.

 

Tabel Responsive dengan Kode HTML dan CSS

Di atas telah dijelaskan cara membuat tabel responsive tanpa menggunakan kode HTML dan CSS, rasanya kurang lengkap bila tidak dibagikan cara membuat tabel responsive dengan menggunakan kode. Dengan begitu Anda mempunyai 2 alternatif pilihan mau menggunakan cara yang mana.

Untuk mendapatkan hasil yang sempurna memang harus menggunakan fitur tabel responsive yang ada di blogger, namun kalau ingin cepat dengan banyak kolom di dalamnya maka menggunakan kode HTML dan CSS sangat direkomendasikan.

Baiklah berikut ini cara membuat tabel responsive dengan layanan TABLEIZER:
1. Siapkan dulu tabelnya, bisa dibuat dari Office Excel dan Office Word
2. Kemudian buka TABLEIZER di alamat https://tableizer.journalistopia.com
3. Copy tabel yang dibuat dari Office kemudian paste ke TABLEIZER

Paste tabel dari Office ke TABLEIZER

4. Klik Tableize It! kemudian lihat kode HTML-nya. Pilih Copy HTML to Clipboard

Kode HTML Tabel Responsive

5. Buka halaman postingan blog, pilih mode Tampilan HTML

Pilih mode HTML

6. Paste kode HTML dari TABLEIZER tadi, kemudian ubah tampilan HTML ke mode Tampilan Menulis

Cuplikan kode HTML Tabel Responsive dari TABLEIZER

7. Publish artikel dan lihat hasilnya.

Baca: Cara Membuat PDF, Power Point, Word, dan Excel Responsive di Blogger

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.