menanam stroberi

Cara Menanam Stroberi di Daerah Panas

Posted on 133 views

Cara menanam stroberi di daerah panas cukuplah mudah, kuncinya terletak pada penggunaan media tanam, pemupukan, pengairan, dan pemilihan bibit yang berkualitas. Selebihnya tinggal kita serahkan kepada Allah SWT semoga stroberi yang ditanam di daerah panas tumbuh subur dan cepat berbuah.

Banyak yang beranggapan kalau buah dengan nama ilmiah Fragaria ini hanya bisa hidup di daerah dingin, mungkin karena sering melihat petani menanamnya di ketinggian seperti yang ada di Magetan dan kota Batu Malang.

Bercocok tanam merupakan aktivitas yang cukup menyenangkan karena dapat menghilangkan kepenatan otak akibat pikiran pekerjaan. Manfaatkan waktu luang Anda untuk menanam stroberi dan menikmatinya sendiri. Kepuasan membeli buah stroberi dengan hasil tanam itu berbeda, dengan menanam Anda bisa mempelajari prosesnya dan hasil dari yang ditanam.

Bagi yang punya duit banyak tentu cukup dengan membeli buahnya, namun tidak ada salahnya mulai sekarang menanam stroberi. Jangan takut Anda tinggal di daerah bersuhu panas karena stroberi bisa hidup dimana-mana. Bahkan TERAA.NET sendiri telah membuktikan kalau berhasil ditanam di polybag yang ditaruh di pinggir jalan.

Hasil tanam stroberi tersebut akhirnya diunggah di Facebook dan banyak teman-teman yang bertanya “Apakah di situ daerahnya dingin?”, “Harus di daerah bersuhu dingin ya mas?” dan lain sebagainya. Atas dasar pertanyaan itulah memutuskan untuk berbagi cara menanam stroberi di daerah panas.

 

Langkah-Langkah Menanam Stroberi di Dalam Polybag

Menanam stroberi jangan langsung di tanah melainkan menggunakan polybag atau pot sebagai medianya. Kalau ingin menanam dalam jumlah banyak tentu polybag yang harus dipersiapkan juga banyak. Berikut ini adalah langkah-langkah menanam stroberi dari awal hingga akhir.

 

1. Pemilihan Bibit Unggul

Sebaik apapun media tanam yang digunakan kalau kualitas bibitnya jelek maka hasilnya tidak maksimal. Cara memilih bibit berkualitas cukuplah mudah, silahkan datangi langsung para petani stroberi yang buahnya bagus-bagus atau datang ke toko bibit.

Kalau di daerah Anda tidak ada yang jual bibit stroberi belilah di marketplace. Hindari beli di Instagram dan Facebook karena tidak menggunakan rekening bersama (rekber) sehingga memungkinkan terjadi penipuan. Carilah bibit dengan harga paling terjangkau dengan rating tertinggi, baca setiap komen dari orang yang telah membelinya.

Kalau rata-rata memberikan feedback positif maka ambillah. Syukur-syukur kalau di komen tersebut pada mengirimkan real picture dari bibit stroberi yang telah dibelinya.

Baca: Cara Memilih Bibit Tanaman Cepat Berbuah Hasil Beli Online

 

2. Pemilihan Media Tanam

Stroberi merupakan tanaman buah yang tidak membutuhkan media macam-macam. Cukup menggunakan campuran tanah, pupuk kandang (kotoran kambing), dan pupuk NPK.

2 Minggu sebelum tanam stroberi siapkan media tanamnya. Ambil pupuk kandang yang telah mengering menjadi serbuk tanah (kalau nggak ada bisa beli kohe di olshop) secukupnya. Kemudian campur dengan tanah yang telah dikasih pupuk NPK.

Perbandingannya kotoran hewan + tanah + pupuk = 1 : 1 : secukupnya. Aduk menjadi satu hingga semuanya benar-benar tercampur kemudian masukkan ke dalam polybag.

Siram dengan air kemudian biarkan selama 2 minggu. Tujuannya supaya pupuk NPK terurai menjadi satu dengan kotoran hewan dan tanah. Usahakan polybag yang terisi media tanam tersebut terkena sinar matahari supaya zat-zat yang merugikan tananam terbunuh oleh pancaran sinar matahari.

2 Minggu kemudian tanam stroberi di polybag yang telah Anda siapkan sebelumnya. Taruh di tempat teduh kurang lebih 1 minggu, setelah itu taruh di bawah terik matahari. Kenapa harus begitu? karena pemindahan tanaman biasanya membutuhkan waktu adaptasi dengan media tanam, kalau sudah beradaptasi ditaruh di mana saja bisa.

Tambahan: Kalau ada cocopeat malah bagus sebagai campuran tanah, perbandingannya adalah tanah + cocopeat = 2 :1.  Sifat cocopeat yang mampu menyimpan air cocok sekali untuk menanam stroberi di daerah panas.

 

3. Pemupukan

Lakukan pemupukan 2 minggu sekali dengan pupuk NPK, kalau sudah berbuah kasih pupuk KCL untuk meningkatkan rasa manis pada buah stroberi. Pupuk KCL juga berfungsi untuk memperkuat akar supaya tidak mudah busuk sedangkan NPK adalah pupuk dasar yang harus ada pada tanaman.

 

4. Pengairan

Lakukan penyiraman minimal 1 hari sekali, 2 kali sehari malah lebih baik. Siram stroberi dengan air secukupnya, jangan terlalu banyak karena batangnya mudah busuk kalau kebanyakan air. Cukup dengan cara di tetesin hingga media tanamnya kelihatan lembap.

Baca: Cara Merawat Tanaman Hasil Beli Online Supaya Tidak Layu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.