Domain Expired

Cara Mengatasi Domain Expired Supaya Hidup Lagi

Posted on 9 views

Domain yang kita sewa sebagai alamat website atau blog itu ada masanya, biasanya setiap setahun sekali. Ketika mendekati masa sewa hampir habis maka penyedia domain mengirimkan notifikasi via email yang mengatakan bahwa domain segera berakhir dan perlu dilakukan perpanjangan.

Mengetahui hal tersebut, pemilik domain sebaiknya segera memperpanjangnya supaya tidak expired. Soalnya kalau dibiarin bisa-bisa hak miliknya berpindah ke tangan orang lain apalagi nama domain tersebut sangat diminati orang lain.

Admin TERAA.NET sendiri juga mengelola beberapa blog dengan Top Level Domain (TLD), saking banyaknya terkadang lupa kapan waktunya perpanjangan dan tahu-tahunya tidak bisa diakses karena telat bayar sewa domain. Sebenarnya registrasi domain menggunakan akun email yang sama namun karena waktu itu jarang sekali membuka pesan masuk jadi tidak tahu kalau domainnya telah expired.

Baru sadar telah expired ketika mengecek pendapatan di dashboard Google AdSense, biasanya website tersebut paling banyak incomenya malah turun drastis atau enol. Kemudian membuka urlnya, eh ternyata sudah expired. Alhamdullilah dengan melakukan komunikasi sama technical supportnya penyedia domain berhasil diaktifkan kembali.

Berdasarkan pengalaman itulah bisa berbagi informasi kepada Anda cara mengatasi domain expired supaya bisa hidup lagi. Selengkapnya mari baca penjelasan berikut ini sampai habis.

 

Cara Mengatasi Domain Expired Karena Telat Bayar Perpanjangan

 

1. Cek Masa Domain Secara Berkala

Penyedia domain hanya mengirimkan notifikasi perpanjangan kalau mendekati masa sewa domain berakhir, supaya tidak telat bayar Anda bisa mengecek masa domain secara langsung melalui dashboardnya. Tergantung dari mana membeli  domain pasti mempunyai akses untuk mengelola domain tersebut.

Silahkan cek secara berkala, kalau perlu buat reminder sebagai pengingat waktu pembayaran perpanjangan domain. Kalau perlu tempelkan pada tembok didepan meja kerja Anda.

2. Sering Cek Pesan Masuk Email

Pengalaman menggunakan domain dari berbagai penyedia layanan domain dan hosting, ada yang aktif memberikan notifikasi perpanjangan domain bahkan 3 bulan lebih awal dari estimasinya. Kemudian dikirimkan lagi pada 2 bulan terakhir, dan 1 bulan terakhir.

Ada juga seperti rumahweb yang hanya mengirimkan notifikasi sekali saja, yaitu 1 minggu sebelum estimasinya habis. Untuk itu seringlah mengecek pesan masuk pada email yang telah teregistrasi untuk mengetahui masa domainnya.

3. Konsultasi Degan Technical Suport

Menyadari domain telah expired segera hubungi technical suport dari penyedia domain. Tanyakan terlebih dahulu bisa diperpanjang lagi atau tidak, biasanya kalau belum dibeli orang lain maka masih bisa dihidupkan kembali.

Ketika domain expired statusnya jadi unlocked sehingga orang bisa membeli domain Anda. Kebijakan dari masing-masing penyedia domain juga berbeda-beda, ada yang memberi waktu selama 1 bulan sebelum diunlocked.

4. Hubungi Pengguna Domain Baru

Langkah terakhir kalau domain tersebut telah menjadi hak milik orang lain maka harus menghubungi pemilik domain baru. Cara mengetahuinya bisa bertanya pada technical suport atau mengeceknya sendiri melalui Whois Domain Lockup.

Berdoalah sambil berharap pemilik domain yang baru mau memberikan kepada Anda, tentu ada ganti rugi yang harus dibayar pada pemilik domain yang baru.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.