mengaktifkan rekening pasif bank Mandiri

Mengaktifkan Rekening Bank Mandiri Yang Tidak Aktif

Posted on 119 views

Beberapa nasabah Bank Mandiri mengeluhkan karena tiba-tiba rekeningnya pasif sehingga tidak bisa digunakan untuk bertransaksi. Meskipun bisa login di Mandiri Online kalau saldo Rp. 0, dipastikan tidak aktif. Anda tidak bisa melakukan setor tunai, menerima kiriman uang, dan lain sebagainya. Bila Anda termasuk salah satu nasabah yang mempunyai masalah serupa silahkan simak penjelasan berikut ini karena akan dijelaskan cara Mengaktifkan Rekening Bank Mandiri Yang Tidak Aktif.

Sebagai publisher memiliki banyak rekening merupakan suatu keharusan karena digunakan untuk menerima pencairan pembayaran Google AdSense. Salah satu bank lokal Indonesia yang direkomendasikan adalah Bank Mandiri karena potongan Wire Transfer sangat kecil dibandingkan bank lainnya. Tinggal menambahkan nomor rekening ke metode pembayaran Google AdSense maka tiap bulan otomatis masuk ke rekening Bank.

Baca: Tips Memilih Bank Terbaik Untuk Pembayaran Google AdSense

Penggunaan rekening Bank sebagai pencairan pembayaran Google AdSense disesuaikan dengan penghasilan yang diraih. Bila mendapatkan lebih dari $200 maka memilih Wire Transfer, bila cuma dapat $100 maka ganti Western Union. Saya sendiri sudah 6 bulan lebih tidak menggunakan Bank Mandiri untuk menerima pembayaran dari Google AdSense sehingga saldonya Rp. 0,00.

Rekening Bank Mandiri ini dibuat memang untuk menerima bayaran dari Google AdSense, setelah masuk maka dipindahkan ke rekening utama yaitu BCA. Saldo minimal pada Bank Mandiri Rp. 100.000,00, bila selama 6 bulan berturut-turut tidak ada transaksi maka dipotong pajak menjadi Rp. 0,00.

Pada pertengahan tahun 2020, Google Payment telah menghapus metode pembayaran Western Union sebagai gantinya harus beralih menggunakan Wire Transfer. Rencananya kembali menggunakan Bank Mandiri, Saya cek saldonya melalui aplikasi Mandiri Online Rp. 0,00. Pada mulanya mengira kalau ini rekening diisi melalui transfer maka akan aktif, ternyata Saya isi menggunakan FLIP muncul keterangan rekening tidak terdaftar.

Baca: Cara Transfer Beda Bank Tanpa Potongan Admin Dengan FLIP

Merasa ada yang tidak beres dengan rekening Bank Mandiri akhirnya menghubungi pihak bank di mandiricare@bankmandiri.co.id, ternyata rekening Saya sudah tidak aktif. Pihak Bank menanyakan alamat lengkap sesuai KTP, tanggal lahir, dan nama ibu kandung untuk dicek apakah bisa diaktifkan atau buka rekening baru lagi.

 

Penyebab Rekening Bank Mandiri Tidak Aktif

Berdasarkan informasi yang diberikan oleh pihak Bank, ” Tabungan selama 6 bulan berturut-turut tidak terdapat transaksi (kecuali transaksi oleh sistem seperti pembayaran bunga pembebanan pajak biaya administrasi dan denda), maka rekening tersebut akan berubah secara otomatis menjadi rekening pasif. Sebagai informasi, apabila pada rekening mandiri tabungan yang pasif saldonya sudah habis dikarenakan pendebitan biaya administrasi, maka rekening tersebut akan tertutup secara sistem. Untuk rekening yang tertutup secara sistem maka tidak dapat diaktifkan kembali.”

Artinya bila selama 6 bulan berturut-turut saldo Anda berada dibawah Rp. 100.000,00 maka dipotong pajak sampai habis sehingga status rekeningnya berubah menjadi tidak aktif, namun kalau ada saldonya sedikit statusnya pasif.

 

Cara Mengetahui Rekening Bank Mandiri Pasif atau Tidak Aktif

1. Cara pertama bisa mengunjungi kantor Bank Mandiri dengan membawa buku rekening dan kartu debet. Ambil antrian untuk bertemu customer service kemudian minta bantuan untuk mengecek apakah statusnya pasif atau tidak aktif

2. Cara kedua melalui mandiricare@bankmandiri.co.id, silahkan kirimkan pesan via email di alamat tersebut untuk menanyakan status rekening. Bila datang ke kantor Bank dibatasi oleh waktu yaitu Senin – Jum’at selama jam kerja sedangkan via mandiricare@bankmandiri.co.id selama 24 jam penuh dan operasionalnya juga setiap hari.

 

Cara Mengaktifkan Rekening Bank Mandiri Pasif Menjadi Aktif

Persyaratan

1. KTP asli
2. Buku mandiri tabungan
3. Mandiri kartu debit

Mengaktifkan Rekening Pasif

Bawa persyaratan tersebut ke kantor cabang Bank Mandiri, temui customer service untuk mengaktifkan rekening pasif. Tunggu customer memproses ajuan Anda hingga statusnya menjadi aktif. Kini Anda bisa menggunakan rekening untuk bertransaksi kembali.

 

Cara Mengaktifkan Rekening Bank Mandiri Tidak Aktif Menjadi Aktif

Persyaratan

1. KTP (e-KTP)

2. NPWP
Bagi Nasabah yang termasuk kategori ?tidak wajib NPWP? seperti ibu rumah tangga, usia dibawah 17 tahun, atau termasuk penghasilan tidak kena pajak (kira-kira gaji pertahun Rp36.000.000,- kebawah) dapat mengisi surat pernyataan yang tersedia di cabang.

3. Uang
Uang sebesar Rp. 500.000,00 sebagai setoran awal membuka rekening.

Tambahan

1. Untuk Ibu Rumah Tangga , Pelajar / Mahasiswa (Tidak atau Belum Memiliki Penghasilan) maka melampirkan fotocopy KTP Sumber Dana misalnya istri dapat melampirkan fotocopy KTP dan NPWP Suami, Pelajar/ mahasiswa melampirkan fotocopy KTP & NPWP Orangtua/ Wali)

2. Apabila Tabungan dibuat di cabang di luar wilayah domisili maka wajib melampirkan dokumen pendukung yang diterbitkan oleh institusi terkait yang beroperasi di wilayah yang sama dengan kantor cabang Bank Mandiri, yait :

  • Surat Keterangan domisili, atau
  • Surat Keterangan Kerja, atau
  • Kartu Pelajar/ Mahasiswa.

Cara Membuka Rekening

Lengkapi persyaratan tersebut kemudian pergi ke kantor cabang Bank Mandiri, ambil antrian untuk customer service. Setelah dipanggil utarakan niat Anda, misalnya buka rekening bank. Nantinya pihak Bank memerikan form yang harus diisi oleh nasabah, silahkan isi. Setelah buku tabungan jadi, minta pengaktifkan Mandiri Online untuk mempermudah transaksi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.