Memilih Bank Untuk Pembayaran Google AdSense

Posted on 11 views

Memilih bank yang akan digunakan untuk menerima pencairan pembayaran Google AdSense bukanlah perkara gampang, pasalnya publisher harus mencoba beberapa rekening bank baru bisa mengetahui seberapa besar biaya Wire Transfer dan nilau kurs dollar terhadap rupiah. Tanpa membaca banyak referensi dan mencobanya sendiri maka dipastikan publisher tidak mengetahui secara pasti berapa yang dikirimkan Google karena telah dipotong biaya.

Cara kerja Wire Transfer adalah melalui perantara, dan perantara inilah yang memotong biaya dari penghasilan yang telah dikirimkan Google. Kecuali bank yang telah bekerja sama dengan Google maka tidak dikenakan biaya sama sekali, seperti akun AdSense IDR yang langsung dikirimkan melalui bank Indonesia. Untuk akun AdSense IDR yang menggunakan kode SWIFT pasti ada potongan biaya transfer.

Selain dari potongan biaya transfer yang mempengaruhi seberapa besar uang masuk ke rekening publisher adalah rate nila dollar terhadap rupiah. Uang kiriman dari luar negeri ke Indonesia maka yang berlaku kurs beli, sedangkan yang yang dikirimkan ke luar negeri yang berlaku kurs jual.

Pemahaman kurs jual dan kurs beli inilah yang kurang dipahami oleh publisher karena rata-rata memakai acuan dari pencairan Google, misalnya seperi ini.

1 United States Dollar Equals
Sumber dari Google Search

Sedangkan yang dipakai untuk menerima pencairan pembayaran Google AdSense adalah rate kurs beli dari masing-masing bank lokal Indonesia. Informasi selengkapnya silahkan kunjungi official website masing-masing bank karena selalu update rate jual beli dollar terhadap rupiah.

Contoh rate jual beli kurs $ terhadap IDR
Contoh rate jual beli kurs $ terhadap IDR

 

Cara Memilih Bank Untuk Pembayaran Google AdSense

Setelah membaca penjelasan di atas sebenarnya publisher bisa menyimpulkan sendiri cara memilih bank yang tepat untuk pencairan pembayaran Google AdSense. Intinya publisher berpatokan pada nilai kurs beli dollar terhadap rupiah dan besarnya potongan untuk perantara dari Google ke bank lokal Indonesia.

Informasi yang diperoleh dari rekan yang kerja diperbankan, semua uang yang masuk dari luar negeri ke Indonesia bebas biaya namun karena ada perantara maka dipotong untuk membiayai perantara tersebut.

Sepertinya Google AdSense telah menetapkan bank perantara yang berbeda-beda untuk masing-masing bank sehingga potongannya tidak sama. Berikut ini adalah besarnya potongan Wire Transfer untuk empat bank besar di Indonesia.

1. Bank Mandiri 5% – 10%
2. Bank BNI 10% – 15%
3. Bank BRI 10% – 20%
4. Bank BCA 20% – 25%.

Untuk saat ini Wire Transfer dengan potongan terkecil masih dipegang Bank Mandiri sebesar 5%-10%, untuk bank lainnya seperti penjelasan di atas.

Demikianlah informasi cara memilih bank yang tepat untuk Wire Transfer Google AdSense, sekarang publisher bisa menetapkan sendiri bank mana yang akan ditambahkan ke dalam metode pembayaran.

Baca: Cara Mengganti Metode Pembayaran Google AdSense

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.