riwayat pendidikan di dapodik

Cara Membetulkan Riwayat Pendidikan di Dapodik

Posted on 894 views

Bila terjadi kesalahan dalam penulisan Riwayat Pendidikan di dapodik, bapak/ ibu guru tidak perlu khawatir karena kini dapat memperbaikinya sendiri melalui portal ptk.datadik.kemdikbud.go.id. Penyebab kenapa Riwayat Pendidikan Formal bisa salah, biasanya dikarenakan kelalaian operator sekolah dalam memasukkan data PTK sehingga yang tampil tidak semestinya.

Kerja operator itu sangat berat apalagi di sekolah tersebut banyak PTK-nya, untuk itu bapak/ ibu guru harus sering cek di Info GTK untuk melihat data-datanya. Bila ditemukan kesalahan seperti pada Riwayat Pendidikan Formal tinggal memperbaikinya sendiri kemudian verifikasi melalui operator sekolah.

Intinya bapak/ ibu guru bersama operator sekolah harus saling membantu dan operator sendiri ketika dimintai tolong tidak boleh emosi. Kesalahan dalam penulisan data penyebabnya beragam mulai dari salah keti (typo) dan konsentrasi operator yang berkurang karena banyak data yang dimasukkan ke dalam dapodik.

Baca: Cara Mendapatkan NUTPK Bagi Guru Honorer

Bayangkan saja bila di sekolah tersebut jumlah PTK lebih dari 50, bisa tidak ditidur berhari-hari operatornya. Belum lagi kalau waktunya input data peserta didik, jadi harus dimaklumi.

Pada awal tahun ajaran baru 2020/ 20201, setiap PTK wajib melakukan aktivasi akun dapodik yang diberikan oleh operator sekolah. Kalau hingga kini bapak/ ibu guru belum menerimanya silahkan tanyakan pada operator untuk segera dibuatkan akun SSO.

Akun inilah nantinya untuk aktivasi data di dapodik dan melihat data-data pendidikan yang berkaitan dengan PTK. Baiklah kembali pada topik artikel, bila terjadi kesalahan dalam penulisan data Riwayat Pendidikan Formal berikut ini cara memperbaikinya.

 

Cara Membenarkan Riwayat Pendidikan di ptk.datadik.kemdikbud.go.id

1. Buka https://ptk.datadik.kemdikbud.go.id, kemudian login menggunakan akun SSO yang diberikan oleh operator sekolah

2. Setelah berhail login pilih menu Pendidikan > Riwayat Pendidikan
3. Untuk melakukan perubahan pilih Riwayat Pendidikan, sedangkan untuk menambah pilih Tambah Riwayat
4. Permasalahan yang sering muncul adalah terjadinya kesalahan dalam memasukkan pilihan jurusan bidang studi sehingga tidak sesuai yang semestinya. Misalnya Anda lulusan S1 Bimbingan dan Konseling namun di dapodik tercantum Bahasa Inggris
5. Untuk merubah silahkan pilih Riwayat Pendidikan kemudian klik icon Pensil

6. Sesuaikan data Riwayat Pendidikan sesuai dengan yang tertera pada Ijazah kemudian Simpan
7. Lakukan konfirmasi di dapodik melalui operator sekolah supaya Riwayat Pendidikan Formal berganti.

 

Seberapa Penting Memperbaiki Riwayat Pendidikan Formal di Dapodik

Pendidik dan tenaga kependidikan (PTK) terdiri dari guru dan TU. Khusus untuk guru yang telah bersertifikasi sangat penting sekali memperbaiki Riwayat Pendidikan Formal di dapodik karena berkaitan dengan pencairan tunjangan profesi. Nanti kalau tidak diperbaiki takutnya tidak linier antara mata pelajaran yang diampu dengan serdik yang diperoleh. Salah satu syarat supaya bisa menerima tunjangan profesi adalah harus linier.

Baca: Cara Mendapatkan NRG Bagi Guru Honorer

2 comments

  1. Mohon bantuannya min, setelah Saya edit riwayat pendidikan, tapi tombol Simpan tidak bisa diklik (tidak jalan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.