Typography

5 Cara Mengurangi Typo Saat Mengetik Artikel Blog

Posted on

Typography atau biasa yang disebut typo adalah kesalahan dalam mengetik atau menulis kata-kata, dalam hal ini adalah kesalahan mengetik artikel blog. Jadi bila Anda sering melihat atau mendengar istilah typo di sosial media atau situs online yang dimaksud typo adalah salah ketik. Menurut Wikipedia Indonesia Typography (Tipografi), seni cetak atau tata huruf adalah suatu kesenian dan teknik memilih dan menata huruf dengan pengaturan penyebarannya pada ruang yang tersedia, untuk menciptakan kesan tertentu, guna kenyamanan membaca semaksimal mungkin.

Kesalahan dalam mengetik itu sudah lumrah, mereka yang profesional membuat artikel juga pernah merasakan typo pada ketikannya. Masalahnya bila banyak typo dapat mengganggu kenyamanan para pembaca, oleh karena itu mengetahui hasil ketikan ada yang typo atau tidak itu sangat penting. Biasanya yang mengetik tidak sadar kalau ada kata keliru, namun pembaca cepat mengetahuinya.

Untuk mengurangi typo dalam penulisan artikel, berikut ini ada 5 Cara menghilangkan atau mengurangi typo pada saat mengetik artikel. Harapannya setelah mempelajari ini Anda dapat mengetik artikel dengan sempurna tanpa ditemukan typo.

5 Cara Menghilangkan Typo Saat Nulis Artikel Blog

1. Tidak Terburu-Buru Saat Mengetik

Mengetik secara terburu-buru membuat ketikan banyak yang typo, oleh karena itu lakukan dengan pelan tapi pasti sambil membaca ketikan apakah ada yang typo atau tidak. Seandainya ada kesalahan segeralah perbaiki kata tersebut, jangan biarkan semakin banyak karena membutuhkan waktu yang cukup lama untuk memperbaikinya.

2. Besarkan Ukuran Font Saat Mengetik

Kemampuan mata seseorang ketika membaca ketikan di depan komputer sangat beragam, ada yang jelas dengan font ukuran standar dan ada yang kurang jelas. Supaya hasil ketikan mudah dibaca kembali dan untuk menghindari typo perbesarlah tampilan font. Jadi tidak perlu mengubah ukuran font namun tampilannya saja dengan menekan tombol Ctrl dan + secara bersamaan.

Secara otomatis ketika menjalankan perintah tersebut maka tampilan website termasuk ketikan font tampak kelihatan lebih besar. Untuk kembali ke mode normal tekan Ctrl dan – secara bersamaan hingga menunjukan prosentase 100.

3. Baca Kembali Artikel Yang Baru Diketik

Langkah selanjutnya untuk mengurangi typo adalah dengan membaca kembali artikel yang baru diketik. Harapannya jika ada kata yang typo dapat segera diketahui untuk diperbaiki. Bacalah secara cermat hingga ketikan Anda benar 100  % tanpa typo.

4. Baca Artikel Menggunakan Smartphone

Terkadang membaca hasil ketikan di depan layar komputer/ laptop yang ukurannya besar tidak membuat mata nyaman. Cobalah membaca artikel tersebut menggunakan smartphone, dijamin lebih enak di mata. Dengan begitu bila ada kata yang typo dapat segera diketik ulang sesuai aturan yang benar.

5. Suruh Orang Lain Membaca Artikel Anda

Sudah yakin mengetik artikel dengan benar, sudah dibaca berkalai-kali yakin benar, maka suruh orang lain membacanya. Caranya publish terlebih dahulu artikel yang Anda ketik supaya orang lain dapat membaca dari URL postingan. Logikanya seperti mengerjakan skripsi dan laporan penelitian, menurut kita benar namun setelah diteliti sama dosen penguji ada yang salah ketikannya.

Cara Cek Typo Dengan Typoonline

Selain kelima cara yang telah disebutkan di atas ternyata masih ada cara lagi untuk mengetahui artikel yang telah diketik ada typo atau tidak yaitu dengan menggunakan Typoonline. Situs Typoonline menyediakan fasilitas untuk mengecek keseluruhan kata dan kalimat dalam postingan artikel blog. Caranya dengan mengetik URL postingan artikel di Typooonline kemudian cek untuk menemukan typo.

Typoonline menggunakan dasar Kamus Besar Bahasa Indonesia, jadi semua kata yang diketik sesuai KKBI akan terbaca oleh Typooonline. Sedangkan istilah asing atau bahasa gaul tidak terbaca KBBI. Yang menarik dari aplikasi Typoonline adalah tersedianya mode ofline untuk ketikan Word, dan mode online untuk postingan artikel blog. Baiklah berikut ini cara cek typo artikel blog dengan Typoonline:
1. Buka situs resminya Typoonline
2. Enter URL postingan artikel kemudian pilih cek
3. Lihat hasilnya, yang hurufnya merah berarti typo, yang biru istilah Inggris
Chek Typo
4. Meskipun aplikasi Typoonline ada kekurangan seperti keakuratan dalam mendeteksi istilah gaul namun dengan tanda typo berwarna merah pada kata-kata dapat membantu Anda fokus ke kata tersebut untuk dilihat typo atau tidak.

Demilian informasi cara mengurangi typo pada artikel blog, semoga bermanfaat bagi para pembaca khususnya blogger Indonesia. Bila ada yang kurang jelas dan ingin dipertanyakan silahkan bertanya melalui kolom komentar.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.