Cara Mengatasi Partisi Windows Tidak Terbaca di Linux

Posted on

Partisi tidak terbaca atau tidak terdeteksi merupakan permasalahan yang kerap muncul di sistem operasi Linux. Masalah ini muncul ketika menggunakan dual bot Linux dengan Windows. Misalnya di sistem operasi Windows partisinya ada tiga yaitu drive C, D, dan E, namun ketika dibuka menggunakan Linux semua partisi atau salah satu jadi hilang.

Mereka banyak yang beranggapan bahwa hilangnya partisi Windows disebabkan karena perbedaan partisi. Sebagaimana kita ketahui bersama bahwa Linux menggunakan partisi ext4 dan SWAP sedangkan Windows NTFS. Bila Linux dan Windows menggunakan partisi yang sama mungkin masalah ini tidak muncul, namun sayangnya setiap sistem operasi partisinya berbeda-beda.

Bila Anda mengalami permasalahan seperti yang telah dijelaskan di atas jangan panik dan partisi ulang lagi, cukup melakukan pengaturan di Power Options Windows maka partisinya terbaca Linux. Sebelum menuju tahap pembahasan alangkah baiknya Anda pahami dulu apa yang dimaksud dual boot Linux dengan Windows.

Baca: Tahapan Migrasi Sistem Operasi Windows ke Linux

Dual boot Linux dengan Windows artinya menginstall dua sistem operasi yang berbeda dalam satu perangkat komputer. Ketika keduanya berhasil di install maka pengguna dapat saling bergantian menggunakan Linux maupun Windows. Perpindahan antar sistem operasi harus dari awal yaitu proses booting sehingga disebut dual boot.

Cara Memunculkan atau Menampilkan Partisi Windows Yang Hilang Pada Linux

1. Buka sistem operasi Windows terlebih dahulu kemudian masuk Control Panel
2. Pada Control Panel pilih Power Options > Choose whar the power button does
3. Pilih Change setting that are currently unavaliable > hilangkan centang pada Turn on fast startup (rekommended) > Save changes

Solusi partisi Windows tidak terbaca Linux
Solusi partisi Windows tidak terbaca oleh Linux

4. Restart atau matikan Windows, kemudian buka Linux
5. Silahkan cek partisi Windows, sudah muncul apa belum?

Demikianlah informasi cara memunculkan partisi Windows yang tidak terbaca di Linux. Cara yang dibagikan ini bisa diaplikasikan pada semua distro Linux seperti Ubuntu, Mint, Open Suse, dan lain sebagainya.

Baca: Ukuran Partisi SWAP Yang Direkomendasikan Linux


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.