Pengalaman Bayar BPJS Kesehatan Melalui Bukalapak

Posted on

Supaya tetap bisa menggunakan BPJS Kesehatan maka pemegang premi asuransi yang dikelola oleh pemerintah ini wajib mebayar iuran perbulan. Besar kecilnya premi tergantung dari kelas yang diambil. Misalnya untuk BPJS Kesehatan Kelas 1 sebesar Rp. 80.000, Kelas 2 Rp. 51.000, dan Kelas 3 Rp. 25.000.

Cara membayar premi BPJS Kesehatan bisa melalui beberapa cara seperti transfer melalui rekening bank, lewat Alfamart dan Indomart, serta aplikasi Bukalapak. Admin TERAA.NET pernah mencoba semua metode pembayaran, namun pada artikel ini ingin berbagi pengalaman bayar BPJS melalui Bukalapak.

Biasanya sih langsung transfer melalui rekening bank namun karena saldo BukaDompet lumayan banyak akhirnya memutuskan untuk mencoba bayar tagihan BPJS Kesehatan melalui Bukalapak. Yang perlu dipersiapkan adalah nomor Virtual Account untuk melakukan pembayaran.

Baca: Cara Memantau Status Pembayaran BPJS Kesehatan Melalui Aplikasi Mobile JKN

Nomor Virtual Account adalah nomor unik sebagai identitas pembayaran BPJS Kesehatan. Setiap pemegang kartu BPJS nomornya berbeda-beda, namun kalau masih dalam 1 KK (Kartu Keluarga) nomornya sama.

Cara Membayar Premi BPJS Kesehatan Melalui Aplikasi Bukalapak

1. Silahkan buka aplikasi Bukalapak melalui smartphone Android maupun iOS, bisa juga melalui browser komputer
2. Pastikan Anda telah mempunyai akun Bukalapak, bila belum punya silahkan register dulu
3. Setelah berhasil login ke Bukalapak cari menu Prabayar kemudian pilih BPJS Kesehatan
4. Scan Nomor Virtual Account (No. VA) pada barcode kartu BPJS Kesehatan, bisa juga dengan mengetik No. VA secara manual. Tunggu beberapa detik sampai sistem Bukalapak membaca kartu Anda

Cara Mudah Bayar BPJS Melalui Bukalapak

5. Kasih tanda centang pada Transaksi Rutin jika ingin setiap bulannya dibayar secara otomatis menggunakan BukaDompet. Pada contoh ini TERAA.NET tidak mengaktifkan transaksi rutin karena hanya ingin mencari pengalaman bayar BPJS Kesehatan via Bukalapak saja
6. Pilih bayar dengan BukaDompet seperti pada gambar di bawah ini. Selain itu bisa juga melalui metode transfer bank dengan memilih menu Metode Pembayaran Lain

Cara Bayar Asuransi Kesehatan Pakai Bukalapak

7. Langkah terakhir adalah verifikasi akun dengan kode yang dikirim melalui SMS

Bayar Tagihan BPJS Kesehatan Dengan BukaDompet

8. Setekah kode masuk maka sistem membaca secara otomatis pembayaran Anda ke BPJS Kesehatan.

Untuk memudahkan melakukan pembayaran premi BPJS Kesehatan, beberapa marketplace besar di Indonesia seperti Bukalapak dan Tokopedia menjalin afiliasi dengan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial. Jadi pemegang premi asuransi mempunyai beberapa opsi mau bayar pakai metode apa, bisa transfer atau melalui Bukalapak.

Pengalaman setelah mencobanya langsung melalui Bukalapak, bayar BPJS cukup enak. Tinggal menekan beberapa menu maka semuanya beres. Kalau mau simpel wajib isi rekening Bukalapak melalui menu BukaDompet.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.