2 Aplikasi Screen Capture Untuk Menunjang Ngeblog Anda

Posted on 5 views

Screen capture adalah aplikasi untuk mengambil tangkapan gambar dari layar komputer/ laptop. Jadi semua gambar yang muncul pada layar komputer dapat difoto menggunakan aplikasi screen capture. Aplikasi ini sering dimanfaatkan oleh blogger untuk membuat tutorial komputer yang membutuhkan gambar dari layar komputer untuk disisipkan pada postingan artikel.

Misalnya ingin membuat tutorial cara merotate dan resize gambar menggunakan Adobe Photoshop, maka supaya pembaca blog mudah memahami tutorial yang dibuat maka perlu ditambahkan gambar untuk memperkuat pesan yang disampaikan melalui artikel. Jadi dengan adanya aplikasi screen capture dapat menangkap gambar program yang sedang berjalan pada sistem operasi.

Sebenarnya tanpa menggunakan aplikasi, Anda bisa mengambil gambar dari layar komputer dengan menggunakan perintah Alt + Print Screen. Namun cara tersebut membutuhkan proses yang panjang dan harus dipaste dulu ke program pengolah gambar kemudian baru bisa diedit. Daripada waktu habis dibuat edit gambar yang akan diupload ke blog lebih baik gunakan aplikasi screen capture.

Baca: Photomath, Kamera Kalkulator Untuk Memudahkan Menghitung

Aplikasi screen capture yang direkomendasikan oleh Teraa.net ada 2 yaitu Ashampo Snap dan Lightshot. Ashampo Snap merupakan aplikasi berbayar, jadi Anda harus membelinya untuk mendapatkan versi yang full atau menggunakan versi trial. Sedangkan lightshot adalah versi gratisan dari aplikasi pengambil gambar dari layar komputer.

Ashampoo Snap 10

Ashampoo Snap merupakan aplikasi terbaik untuk menangkap gambar dari layar komputer. Bukan hanya gambar bergerak saja yang bisa difoto menggunakan aplikasi ini, video juga bisa di screen capture. Toolnya super komplit mau edit apa saja bisa, pokoknya semua tool standar yang ada pada Adobe Photoshop ada di sini.

Ashampoo Snap 10

Cara menggunakan Ashampoo Snap sangatlah mudah, setelah berhasil menginstall aplikasinya bisa langsung mencobanya dengan menekan tombol Print Screen maka muncul menu screen capture milik Ashampoo. Anda bisa mengambil gambar hanya sebagian dari yang muncul pada layar atau gambar penuh.

Silahkan tambahkan tulisan menggunakan tool Text (T) atau garis panah untuk membuat tutorial menggunakan Ashampoo Snap. Yang menarik file hasil screen capture bisa disimpan di local disk atau diupload langsung ke internet. Kesan pertama kali ketika menggunakan Ashampo Snap adalah ribet, jadi perlu membiasan menggunakannya supaya terbiasa.

Bila Anda menginginkan Ashampo Snap silahkan download melalui link berikut ini untuk mendapatkan versi full version. Petunjuk cara installasinya ada pada folder zip yang akan Anda download nanti.

Download Ashampoo Snap 10
Google Drive | 4Shared

Lightshot

Lightshot memiliki user interface sederhana sehingga mudah dipahami oleh penggunanya. Untuk menjalankan aplikasi lightshot cukup dengan menekan tombol Print Screen maka menunya akan muncul. Silahkan atur lebar tangkapan layar, Anda bisa mengambil gambar penuh yang ada pada layar komputer atau sebagian saja.

Ligshtshot Screen Capture

Lightshot menyediakan tool sederhana seperti menambahkan garis, coretan pensil, kotak, panah, dan tulisan. Jadi gunakan tool dengan logo T untuk menambahkan deskripsi pada gambar yang telah di screen capture. Untuk mendapatkan format gambar kualitas terbaik pastikan memilih .png saat menyimpan gambar.

Download Lightshot
Google Drive | 4Shared

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *