Caran Menonaktifkan Suggestion Gboard Pada Android

Posted on

Untuk memperbanyak pilihan aplikasi keyboard, Google akhirnya juga membuatnya dengan nama Google Keyboard atau yang disingkat Gboard. Aplikasi keyboard ini include pada Android One dan Android Go sebagai default keyboardnya. Xiaomi brand asal China juga menyertakan Gboard sebagai altenatif selain keyboard bawaanya yang bernama Facemoji.

Gboard adalah aplikasi papan ketik virtual yang dikembangkan oleh Google untuk perangkat Android dan iOS. Ini pertama kali dirilis di iOS pada Mei 2016, diikuti oleh rilis di Android pada Desember 2016, memulai debutnya sebagai pembaruan utama untuk aplikasi Google Keyboard yang sudah ada di Android.

Salah satu fitur yang tak terlewatkan disemua aplikasi keyboard adalah Suggestions. Mau pakai jenis keyboard apapun, fitur Suggestions selalu ada. Secara default bila tidak melakukan setting/ pengaturan sendiri maka Suggestions ini aktif dan akan membantu pengguna mengarahkan kata yang diketik dalam bahasa Indonesia maupun Inggris.

Seperi namanya Suggestion (saran), fungsi fitur ini adalah memberikan saran kepada pengguna dengan apa yang dia ketik. Misalnya Anda mengetik kata otomatis, maka suggestion yang muncul di atas keyboard adalah automatic, otomatis, dsb. Pokoknya menguntungkan banget bagi yang terbiasa menggunakan suggestions.

Baca: Mengenal 7 Jenis Prosesor Pada Android dan iPhone

Namun sayangnya sebagian besar pengguna ingin menonaktifkan suggestions karena dianggap mengganggu dan memperlambat ketik. Salah satu pengguna tersebut adalah TERAA.NET, ketika mengaktifkan suggestions maka lama sekali ngetik di Adroid sehingga memutuskan untuk menonaktifkannya.

Sebelum mengikuti tutorial ini sampai habis pastikan Anda telah memasang Gboard sebagai default keyboard pada Android Anda. Setelah itu simak penjelasannya berikut ini.

Cara Disable Suggestions Google Board (GBoard)

1. Buka Settings kemudian pilih Additional Settings
2. Additional Settings > Languages & Input > Gboard
3. Settings > pilih Tex Corrections > Suggestions
4. Menonakfitkannya geser ke kiri pada Show Suggestion Stip hingga statusnya menjadi OFF. Selengkapnya bisa Anda lihat contohnya seperti pada gambar berikut ini

Cara menonaktifkan suggestion keyboard

5. Sekarang silahkan Anda coba untuk mengetik teks maka suggestions telah nonaktif. Berikut perbedaan ketika suggestions aktif dan nonaktif.

Cara disable suggestion keyboard

Demikianlah informasi cara menoaktifkan atau disable suggestions Gboard di smartphone Android. Semoga artikel ini bisa membantu atau menjawab permasalahan Anda yang berhubungan dengan suggestions keyboard.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.