Ngeblog Lebih Mudah Dengan WordPress Mobile Apps

Posted on

WordPress Mobile Apps adalah aplikasi untuk membuat atau mengelola blog menggunakan smartphone Android. Hadirnya aplikasi ini bakal memudahkan blogger untuk menulis artikel tanpa mengenal batasan tempat dan waktu. Misalnya saat berpergian Anda lupa membawa laptop namun tiba-tiba muncul ide dan ingin menuliskannya melalui blog maka sebagai gantinya bisa menggunakan smartphone.

WordPress Mobile baru diperkenalkan ke publik pada 9 November 2018 dan kini telah tersedia di Google Play Store. Admin TERAA.NET juga baru mengetahuinya ketika mendapatkan email dari WordPress yang berisi tentang aplikasi WordPress Mobile. Tidak mau menyia-nyiakan kesempatan ini maka langsung download dan mencobanya sehingga bisa berbagi pengalaman ke sesama blogger.

Persyaratan yang harus dipenuhi supaya bisa login ke WordPress Mobile adalah mempunyai account yang telah terdaftar. Bagi pengguna WordPress.com tentu tak jadi soal karena emailnya secara otomatis telah terfdaftar, namun untuk WordPress Selft Hosting harus membuat account WordPress terlebih dahulu.

Persyaratan lainnya khusus yang memakai hosting harus menggunakan versi WordPress 4.0 atau versi lebih tinggi, bila masih dibawahnya maka segeralah diupdate. Saat ditulisnya artikel ini versi WordPress Mobile masih 11.1 yang artinya benar-benar baru dirilis oleh Automatic.

Pengalaman Menggunakan WordPress Mobile

Setelah mencoba langsung di smartphone Android ternyata cukup enak untuk ngeblog, beda jauh ketika membuka WordPress via browser. Menu yang disematkan pada aplikasi ini sama persih dengan yang aslinya ketika dibuka di beowser seperti Site Pages, Blog Post, Media dan Comments.

WordPress Mobile

Halaman posting artikel sangat user friendly bahkan untuk pemula sekalipun. Tool dasar seperti HTML Mode, Post Settings, Huruf Tebal, Miring, dan Tag Heading juga ada.

WordPress for Android

Yang cukup menarik dari WordPress Mobile menurut TERAA.NET adalah menu Stats, Anda bisa melihat statistik pengunjung blog secara detail. Jumlah posting, viewer, dan visitor ditampilkan secara apik. Untuk bisa menikmati fitur ini harus install plugin Jetpack terlebih dahulu.

Aplikasi WordPress Mobile

Salah satu cara supaya pengunjung senang dengan blog Anda adalah menjalin interaksi seperti menjawab komentar. Manajemen komentar melalui WordPress Mobile cukup enak, sambil tiduran bisa menjawabnya.

Demikianlah informasi mengenai WordPress Mobile, bila Anda belum pernah mencobanya maka segera install di smartphone Android. Aplikasi ini cocok banget untuk Anda yang mempunyai mobilitas tinggi sering berpergian tanpa meninggalkan aktivitas ngeblog.

Download WordPress Mobile


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.