Belajar Menulis

Belajar Menulis Dari Ngeblog

Posted on 15 views

Menulis artikel, karya ilmiah, dan cerita bukanlah perkara gampang pasalnya harus banyak berlatih menyusun kata-kata menarik dan enak dibaca oleh para pembaca. Salah satu cara meningkatkan ketrampilan menulis adalah dengan membiaskan menulis, Anda dapat memulai belajar menulis dari ngeblog.

Ngeblog adalah aktivitas menulis artikel melalui blog yang tulisannya dapat dibaca banyak orang dari link URL yang telah dibagikan maupun pencarian internet. Untuk memulainya Anda harus bisa membuat blog dan mulai menulis artikel.

Buatlah blog melalui platform gratisan seperti Blogger.com dan WordPress.com. Mulailah menulis dari cerita diri Anda, hobi, dan segala sesuatu yang disukainya karena dengan begitu tulisannya bisa mengalir. Jangan memaksakan menulis artikel diluar kemampuan Anda karena hanya mempersulit diri sendiri dalam menulis.

Baca: Lever Blogger Dari Yang Rendah Hingga Paling Tinggi

Kalau Anda pernah menemukan blog yang isinya acak-acakan dengan artikel pendek dan copas di dalamnya dipastikan masih tahap belajar. Lama kelamaan tulisannya semakin menarik dengan pembahasan yang kompleks.

 

Tips Belajar Menulis Dari Blog

 

1. Menulis Cerita

Seperti yang telah dijelaskan di atas, tuliskan artikel tentang kisah hidup Anda seperti pertemanan dan percintaan. Daripada curhat kepada orang lain, mari curhat di internet melalui tulisan blog.

Bagikan cerita yang Anda tulis kepada teman-teman dan bila ada yang membacanya maka semangat untuk menulis kian bertambah.

 

2. Menulis Hobi

Bila mempunyai hobi, bagikan kepada orang lain siapa tahu ada yang tertarik untuk membacanya. Biasanya yang tertarik adalah sesama penghobi.

Hobi atau kegemaran merupakan sesuatu yang disukai, dengan begitu ide-ide menulis selalu muncul dalam otak. Misalnya hobi bertanam, setiap tulisan yang berkaitan dengan tanaman insyaAllah disukai pembaca.

 

3. Berbagi Pengalaman

Menulis pengalaman itu tidak sulit, asalkan mengalaminya sendiri. Seperti ketika berwisata, tuliskan pengalaman mulai dari perjalanan, mencari penginapan, biaya masuk, dan keindahan di tempat yang Anda kunjungi.

 

4. Melihat Ide Orang Lain

Terkadang kita kesulitan menemukan ide mau menulis apa, boleh melihat tulisan orang lain namun ubah menggunakan gaya bahasa Anda sendiri.

Kumpulkan beberapa sumber kemudian rangkum menjadi ulasan yang lengkap dengan gaya bahasa Anda sendiri. Kebanyakan blogger menerapkan metode ini ketika kehabisan ide.

 

5. Menulis Dari Masalah

Bagi sebagian besar orang, masalah merupakan cobaan yang harus sebisa mungkin untuk dihindarkan. Tetapi bagi penulis, masalah adalah berkah.

Menulis masalah beserta solusi permasalahannya merupakan artikel terbaik karena bisa menjawab kebutuhan orang ketika mengetik kata kunci di mesin pencari.

Demikianlah informasi belajar menulis dari blog. Kunci suksesnya dari pembiasaan menulis, kalau sudah terbiasa maka menyusun kalimat itu mengalir seperti airt. Semoga bermanfaat untuk Anda khususnya para penulis dan blogger.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.