Cara Mendapatkan Domain dan Hosting Gratis

Posted on

Domain dan hosting merupakan satu kesatuan yang saling melengkapi untuk membangun sebuah website/ blog. Domain tanpa hosting ibarat rumah tanpa alamat, begitu juga sebaliknya. Hosting dan domain gratisan yang dapat Anda coba untuk membuat blog seperti blogger.com dan wordpress.com. Namun yang dibahas di sini bukan versi gratisan melainkan paket hosting beserta domain berbayar yang didapatkan secara gratis.

Hosting adalah rumah atau tempat untuk menginstall Content Management System (CMS) seperti wordpress, joomla, drupal, dsb. Selain itu hosting sebagai media penyimpanan artikel baik itu berupa tulisan dan gambar yang diupload pada website/ blog.

Hosting menyimpan semua database yang berkaitan dengan situs Anda. Memilih server hosting sangat penting untuk membidik target visitor website/ blog. Bila Anda mentarget visitor Indonesia gunakan server Indonesia, bila target negara di asia pilih server Singapura, dan bila yang ditarget Eropa dan Amerika pilih lokasi server USA.

Pilihlah hosting yang mempunyai akses cepat dan jarang down, semakin cepat hosting maka loading website/ blog juga cepat. Pokoknya hukumnya wajib menggunakan layanan hosting yang bagus, jangan mudah tergoda iklan sebelum mencobanya. Situs website/ blog yang cepat diakses dapat mempercepat proses pengindeksan artikel di mesin pencari. Jadi perhatikan ini untuk kesuksesan situs Anda.

Baca: Wajib Menggunakan AMP Google Supaya Visitor Naik

Domain adalah alamat dari sebuah situs, misalnya teraa.net. Semua domain yang Anda beli dari penyedia domain disebut Top Level Domain (TLD). Pilihlah nama domain sesuai dengan tema website/ blog Anda, jangan asal-asalan menentukan nama domain.

Pilihlah nama domain yang paling mudah diingat orang, jangan terlalu panjang namun unik. Semua Top Level Domain dapat Anda dapatkan secara gratis dengan cara berikut ini.

Cara Mendapatkan Domain dan Hosting Premium Secara Gratis

Artikel ini ditulisa berdasarkan pengalaman pribadi admin teraa.net ketika mendapatkan tawaran untuk mereview salah satu penyedia domain dan hosting terbesar di Indonesia. Padahal belum pernah mereview produknya namun mendapatkan tawaran kerja sama dengan imbalan domain dan hosting premium.

Admin sendiri mengelola banyak blog selain teraa.net, pada blog lain kebetulan mengulas tentang layanan hosting dan domain dari provider tertentu. Ternyata tulisan tersebut dibaca oleh tim hosting yang mengajak kerja sama.

Dalam emailnya berisi, Kami telah membaca artikel Anda tentang hosting… harapannya Anda mau mereview hosting Kami seperti yang telah Anda tulis. Sebagai imbalannya Anda diberikan akses gratis salah satu paket hosting unlimited beserta domainnya.

Tanpa pikir panjang langsung menyetujuinya, lumayan dapat hosting premium gratis + domain + sertifikat SSL. Yang mendapatkan kesempatan seperti ini tentunya cuma mereka yang mempunyai blog dan beruntung saja, namun tidak menutup kemungkinan Anda memperolehnya juga jika dalam artikel mereview layanan hosting dari provider.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *