Menghitung Pendapatan Youtube

Cara Melihat Pendapatan Channel Youtube Orang Lain

Posted on 30 views

Youtube adalah situs berbagi video milik Google yang paling lengkap saat ini. Semua informasi dapat Anda dapatkan dengan menonton video Youtube. Video tersebut muncul karena telah diupload/ diunggah oleh para Youtuber. Disebut Youtuber karena telah menjalin kerjasama sebagi Youtube Partner Program.

Sejarahnya Youtube didirikan oleh 3 pemuda mantan karyawan Paypal pada 14 Februari 2005. Ketiga pemuda tersebut adalah Chad Hurley, Steve Chen, dan Jawed Karim. Pada tanggal 30 November Youtube diakuisisi oleh Google di bawah kepemilikan Alphabet Inc dengan perusahaan induk Google.

Google meluaskan bisnis untuk para pengiklan memasang iklan di video Yotube. Dulunya iklan Google hanya bisa dipasang di website/ blog, kini dapat ditampilkan di Youtube dan aplikasi Android. Iklan Google biasa disebut Google AdSense, untuk dapat menampilkan iklan di Youtube harus mendaftarkan channel sebagai penayang iklan.

Sejak munculnya iklan di Youtube, jumlah video yang diupload oleh para Youtuber jumlahnya banyak sekali. Mereka memanfaatkan ini sebagai sumber pendapatan selain pekerjaan utama. Cukup bermodalkan kamera untuk merekam video dan belajar video editing sederhana bisa menjadi seorang Youtuber.

Artis Indonesia juga tak mau ketinggalan memanfaatkan peluang ini sebut saja Raditya Dika dan Deddy Corbuzier dengan memanfaatkan ketenarannya di televisi untuk mendapatkan subscribe dan viewer terbanyak. Semakin banyak video yang diupload dan semakin menarik isinya maka yang lihat juga banyak.

Baca: Cara Mengetahui Peringkat Blog dengan Smilar Web dan Alexa

Pendapatan yang dihasilkan dari bermain Youtube sangat bervariasi tergantung jumlah subscribe dan viewer. Bila Anda tekun dibidang ini maka untuk membeli mobil dan rumah baru bukan sekedar impian, pasti jadi kenyataan. Di Indonesia banyak sekali Youtuber sukses, untuk mengetahui sukses dan tidaknya bisa dilihat melalui aplikasi web Sosial Blade.

Cara Melihat Penghasilan Channel Youtube Orang Lain

Mengetahui seberapa besar penghasilan channel sendiri sangatlah mudah bisa diketahui secara langsung melalui dashboard AdSense dan Youtube. Namun untuk melihat pendapatan channel orang lain memerlukan aplikasi web bernama Sosial Blade. Aplikasi online ini mampu menampilkan nilai untuk masing-masing channel, selain itu besar penghasilannya juga ditampilkan di Sosial Blade.

Anda bisa melihat channel orang lain tenang jumlah viewer, subscribe, video upload, subscriber rank, video view rank, dan masih banyak yang lainnya. Contoh berikut ini melihat pendapatan mantan pesulap yang sekarang menjadi presenter Hitam Putih, Deddy Corbuzier. Silahkan lihat pada gambar di bawah ini dalam sebulan bisa dapat $4K – $63.9K atau $4.000 hingga $63.000.

Channel Deddy Corbuzier

Ambil perkiraan yang paling tinggi saja misalnya $63.000, kalau nilai beli rupiahnya Rp. 13.300 tinggal mengkalikan 63.000. Hasilnya adalah 849.870.000, wow banyak bukan? Mungkin melebihi gaji perbulannya ketika menjadi presenter.

Pendapatan Youtube Raditya Dika

Sekarang mari lihat channelnya bang Radit dengan pendapatan $3.7K – $59.4K, ambil yang paling tinggi $59.4K (59.400) x 13.300 = 790.020.00. Hasilnya lumayan gede namun masih kalah dengan punyanya Deddy Corbuzier.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *