Perbandingan WordPress VS Blogger

Perbandingan WordPress VS Blogger, Trafik Bagus Mana?

Posted on 25 views

Membicarakan perbandingan WordPress VS Blogger memang tidak ada ujungnya, semua meyakini platform yang digunakannya paling bagus. Namun bila orang tersebut pernah mencoba keduanya maka pengalaman yang dibagikannya bisa netral.

WordPress.org dan Blogger.com merupakan platform pembuat blog yang paling banyak dipakai oleh blogger di seluruh dunia termasuk TERAA.NET. Kebanyakan blogger memulai ngeblog menggunakan platform gratisan yaitu blogger.com, setelah mahir menggunakan platform milik Google tersebut ada rasa keinginan untuk memakai WordPress Selft Hosting.

Pengalaman ngeblog selama 10 tahun akhirnya bisa memberikan ulasan diantara kedua platform tersebut dan semoga tulisan ini dapat menambah wawasan Anda tentang dunia blogging. Pada mulanya orang membuat blog karena ketertarikan untuk bisa berbagi tulisan melalui web atau mendapatkan tugas dari sekolah untuk membuat blog.

Karena ketertarikan inilah mereka mencoba mempelajari blog lebih jauh lagi sehingga layak disebut blogger profesional. Seorang blogger tentu bisa membandingkan perbedaan kedua platform WordPress dan Blogger.com setelah mencobanya.

Fokus bahasan antara WordPress dan Blogger.com lebih pada kestabilan trafik cenderung cepat turun atau malah naik. Berikut ini adalah ulasan lengkapnya.

 

Perbandingan WordPress VS Blogger.com Lebih SEO Mana?

Trafik Google Analytics
Trafik blog platform WordPress.org
Trafik Blogger.com
Trafik blog platform Blogger.com

Perhatikan perbedaan kedua trafik blog di atas dimana untuk WordPress.org cenderung lebih stabil dan naik dibandingkan Blogger.com. Ada beberapa alasan kenapa blog yang dibangun dengan platform gratisan seperti Blogger.com cenderung turun ketika Google mengupdate mesin pencariannya sedangkan WordPress.org tetap aman.

Apakah WordPress lebih baik dari Blogger.com dari segi optimasi SEO? tentu tidak. Semua platform itu sama, yang menyebabkan naik dan turunnya trafik blog tergantung dari pengelolanya sendiri. Makanya kalau ada yang berpandangan WordPress.org lebih dari Blogger.com itu salah besar.

Menurut sebagian besar blogger kenapa trafik WordPress.org lebih bagus dikarenakan berbayar sedangkan Blogger.com gratisan. Secara tidak sadar mengelola platform berbayar itu lebih berhati-hati daripada gratisan dan itu terbukti dari kualitas konten yang ditulis oleh blogger.

Artikel yang ditulis di Blogger.com cenderung asal-asalan bahkan isinya banyak yang copas. Pada awalnya mungkin bisa memenangi pertarungan di halaman depan Google namun lama-kelamaan pasti menghilang setelah update mesin pencari.

Berbeda dengan blog yang dibangun melalui WordPress.org, karena ini berbayar tentu pengelola sangat seris menulis artikelnya. Ukuran gambar postingan biasanya juga diseuaikan dengan resolusi lebar postingan sehingga thumbnailnya kelihatan rapi sedangkan di Blogger.com asal upload saja.

Tersedianya dukungan plugin SEO pada WordPress.org membuat pengeloa dapat menulis artikel yang baik karena ada rambu-rambunya untuk ramah terhadap mesin pencari. Seandainya blogger yang menggunakan Blogger.com memposisikan platform tersebut seolah-olah berbayar maka dapat mengelolanya dengan baik.

Baca: Cara Memberi Password Pada Postingan Blog

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.