Audio Linux

Solusi Tidak Bisa Merekam Suara (Audio) Pada Linux

Posted on

Pengalaman menarik menggunakan Linux bisa muncul setiap saat seperti tidak bisa merekam suara audio dengan internal microphone yang terdapat pada laptop. Ide penulisan artikel ini bermula ketika setelah selesai install Linux Mint pada laptop Dell ingin membuat tutorial cara install Wine di Linux.

Aplikasi yang digunakan untuk merekam video adalah Kazam Screencaster. Ketika merekam video tidak melakukan pengaturan audio karena biasanya kalau menggunakan Windows sudah langsung kerekam. Lha ini ngomong sendiri di depan laptop hampir 10 menit lebih ternyata audionya nggak ikut kerekam.

Baca: 5 Aplikasi Screen Recorder Terbaik Untuk Linux

Akhirnya mengulangi lagi merekam video dari awal namun melakukan pengaturan audio terlebih dahulu supaya suara dari microphone bisa ditangkap komputer. Rekam audio menggunakan laptop bisa melalui micophone bawaan laptop atau microphone tambahan yang ditancapkan pada port audio.

Sebelum menemukan jawaban atas permasalahan ini pernah kepikiran kalau sumber masalahnya pada dukungan driver atau internal microphone yang rusak. Setelah mengotak-atik sendiri akhirnya menenukan solusi mengatasi Linux yang tidak bisa merekam audio. Selengkapnya silahkan simak penjelasannya berikut ini.

Baca: 7 Aplikasi Edit Video Terbaik Untuk Linux

Cara Memperbaiki Linux Tidak Bisa Merekam Audio

1. Buka Sound Setting Linux Mint, kemudian pilih tab menu Input
2. Atur volumenya di Device Setting, silahkan coba bersuara maka indikator pada Input Level akan bergerak

Linux Tidak Merekam Suara atau Audio

3. Buka aplikasi perekam video, misalnya Kazam. Kasih tanda centang pada Sound from microphone

Cara Rekam Audio dengan Kazam Screencaster

4. Coba gunakan untuk merekam video dan putar hasilnya
5. Selamat, sekarang record audio berhasil kerekam saat merekam layar di Linux.

Install Kazam Screencaster di Ubuntu dan Linux Mint

Kazam Screencaster adalah salah satu aplikasi perekam layar terbaik di Linux. Tampilan yang user friendly membuatnya disukai pengguna Linux untuk urusan rekam video dari layar komputer. Bila Anda tertarik menggunakannya maka bisa install melalui terminal Linux.

sudo apt-add-repository ppa:sylvain-pineau/kazam
sudo apt-get update
sudo apt-get install kazam

Demikianlah informasi cara memperbaiki Linux yang tidak mau merekam suara/ audio. Setelah membaca artikel ini, bila Anda mempunyai masalah yang sama mengenai record audio jangan panik dulu karena sudah bisa mengatasinya. Semoga bermanfaat dan jangan lupa share artikel ini kepada khalayak banyak karena berbagi itu indah.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.