Pengalaman Menggunakan Ninja Xpress (Ninja Van)

Posted on

Ninja Xpress atau sebutan internasionalnya Ninja Van adalah jasa pengiriman barang yang fokus untuk memberikan solusi logistik terbaik, inovatif dan tepat guna bagi para pelanggan di seluruh wilayah Asia Tenggara. Perusahaan ini berdiri tahun 2014 yang lalu dengan kantor pusat yang berada di Singapura. Ninja Xpress adalah nama dagang untuk negara Indonesia.

Di Indonesia sendiri jasa pengiriman barang ini baru masuk pada awal tahun 2017, meskipun masih baru tetapi sudah berani bekerja sama dengan beberapa toko online di Indonesia. Banyak sekali seller yang menggunakan Ninja Xpress sebagai logistiknya, mungkin karena masih dalam tahap promo gratis jemput barang dan kirim gratis.

Masyarakat banyak yang ragu dengan Ninja Xpress karena mereka baru mengenalnya. Mengenai kualitas pelayanan juga belum bisa diukur bagus apa tidak. Yang pasti ketika mencoba Googling tentang review Ninja Xpress banyak yang memberikan feedback negatif. Tentu hal tersebut tidak bisa dijadikan patokan karena pengalaman setiap orang menggunakan produk tertentu hasilnya tidak sama.

Kebetulan beberapa hari yang lalu Admin teraa.net membeli Kacamata Anti Radiasi di Lazada, karena free ongkir (ongkos gratis) pilihan ekspedisinya juga tidak disebutkan. Kalau yang dulu-dulu mengirimnya menggunakan JNE, namun setelah membayar dan dikonfirmasi Lazada mereka mengirim menggunakan Ninja Xpress.

Baca: Cek Resi Ninja Xpress Untuk Mengetahui Status Kiriman

Jujur ini baru pertama kali mendapatkan kiriman via Ninja Xpress yang eksistensinya masih dipertanyakan oleh beberapa buyer di Indonesia. Tidak mau ambil pusing tentang jasa pengiriman barangnya, Admin berusaha berfikir positif barang sampai tujuan tepat pada waktunya dan selamat. Baiklah berikut ini pengalaman menggunakan Ninja Xpress mulai pertama kali barang dikirim sampai ke penerima.

Pengalaman Menggunakan Jasa Pengiriman Barang Ninja Xpress Sungguh Diluar Dugaan

Rasa penasaran tentang Ninja Xpress semakin tinggi karena tujuan pengirimannya berada di kabupaten Trenggalek, tepatnya diujung selatan Jawa Timur yang berbatasan langsung dengan kabupaten Tulungagung dan Ponorogo. Pikirannya cuma  satu yaitu barang sampai ke penerima atau tidak karena di Trenggalek tidak ditemui kantor Ninja Xpress.

Memang Ninja Xpress menerapkan teknologi pengiriman yang berbeda dari kompetitornya yaitu adanya Ninja Point. Untuk melihat daerah yang telah tercover bisa membuka website resminya Ninja Xpress. Berikut ini beberapa propinsi yang telah dijangkau Ninja Xpress (update Juli 2017): Jabodetabek, Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur, Jawa Barat, Banten, Manado, Pulau Bali, Pulau Lombok, Medan, Palembang, Pekanbaru, Padang, Sulawesi Selatan, Lampung, Jambi, Bengkulu, Balikpapan, Samarinda, dan Banjarmasin.

Review Ekspedisi Ninja Xpress

Sebenarnya tidak ada keinginan menggunakan ekspedisi berlogo ninja ini melainkan karena terpaksa dikirim menggunakan Ninja Xpress oleh pihak Lazada. Kalau tahu awalnya begini mendingan pilih seller lain selain Lazada, percuma mereka mencantumkan tanda prioritas kalau tidak profesional dengan menggunakan Ninja Xpress.

Kronologinya melakukan pembelian pada hari Kamis tanggal 7 Desember 2017, setelah membayar dan dikonfirmasi baru dikirimkan No. Resi/ No. Tracking dan disuruh mengeceknya langsung di https://www.ninjaxpress.co. Selama 2 hari status pengiriman masih di Warehouse (gudang) baru pada tanggal 9 Desember jam 07.14 pagi baru dikirim. Pihak Ninja Xpress juga mengirimkan pesan singkat dari WhatsApp resminya dengan nomor +6596523244 dengan isi sebagai berikut.

Konfirmasi Ninja Xpress

Setelah mendapatkan pesan tersebut senangnya bukan main dan hampir setiap 3 jam sekali mengecek status kirimannya. Yang mengejutkan pada sore hari setelah mengetahui tracking status pengiriman gagal dan akan dijadwalkan ulang pada hari Senin tanggal 11 Desember 2017. Baru kali ini menemukan jasa pengiriman barang yang amburadul kaya gini, masak 2 hari masih digudang dan ketika dikirimkan malah gagal.

Pihak sana tidak memberi tahu alasan apa yang menyebabkan kegagalan proses kirim. Karena merasa ada yang janggal akhirnya menghubungi Ninja Xpress melalui email support_id@ninjavan.co. Berikut ini adalah jawaban yang dikirimkan via email oleh Ninja.

Dear, Bapak Varis Ical.

Selamat Malam.

Terima kasih telah menghubungi Customer Support Ninja Xpress.

Menanggapi pertanyaan Bapak Varis Ical, mengenai pengiriman dengan Tracking ID IDLZD-3219313932-XXXX, atas nama Bapak Varizal Amir, mohon maaf atas kendala yang terjadi saat proses pengiriman hari ini. Paket akan kami lakukan penjadwalan ulang agar dikirim kembali ke alamat Bapak Varizal Amir pada hari, Senin 11 Desember 2017.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan.
Untuk informasi mengenai pengecekan nomor resi, penjadwalan ulang, ongkos kirim, dan cakupan wilayah pengiriman, dapat diakses melalui website kami, www.ninjaxpress.co
Informasi saat ini Ninja Xpress sedang mengadakan promo gratis biaya kirim sampai dengan 31 Desember  2017 sebesar Rp. 20.000/ 1 tracking ID Untuk reservasi penjemputan paket yang dilakukan melalui whatsapp, telepon, datang langsung ke Ninja Point dan Aplikasi Ninja Easy.

Jika ada kendala atau pertanyaan mengenai Ninja Xpress silakan menghubungi pada jam operasional kami: Senin-Minggu. Pukul 08:00-21:00:
email: support_id@ninjavan.co
Phone: 085574670049

Atas perhatian dan kerja samanya kami ucapkan terima kasih.

Salam hangat,
Melda Afriyeni
Customer Support Officer.

Tidak cukup sampai disitu akhirnya menghubungi pihak Lazada untuk menanyakan status kiriman barang. Mereka menyuruh menunggu sampai estimasi yang diberikan habis yaitu mulai tanggal 12 hingga 14 Desember. Dengan perasaan was-was menunggu paket tersebut datang sampai ke rumah, ternyata keesokan harinya memang telah sampai (wah cepat banget ya).

Membaca Status Pesanan Ninja Xpress

Status kiriman via Ninja Xpress ada 4 yaitu penjemputan berhasil, pengiriman gagal, proses kirim, dan pengiriman berhasil. Jangan harap Anda menemukan tracking yang jelas letak barang ada di mana, yang ada tiba-tiba dihubungi Ninja Xpress bahwa barang siap diantarkan ke alamat tujuan. Namun setelah dipikir-pikir jasa pengiriman barang ini memang mirip Ninja, tahu-tahu barang sampai tujuan.

Berikut ini adalah status pesanan Ninja Xpress saat gagal kirim dan berhasil dikirimkan

Tracking Ninja Xpress
Tiba di setasiun sortir Ninja Xpress
Pesanan Ninja Xpress telah diterima
Selesasi dikirimkan Ninja Xpress

Keraguan Admin akan Ninja Xpress akhirnya terjawab juga, barang sampai 1 hari lebih cepat dari estimasi minimal yang ditentukan pihak Lazada dan Ninja yaitu tanggal 11 sampai 14 Desember 2017. Barang diantarkan sampai ke penerima namun sebelumnya mendapatkan SMS/ Telepon dari kurir Ninja Xpress bahwa akan dikirimkan hari ini.

Kurirnya juga ramah banget, Admin ngobrol ada 10 menit, beliau juga bilang minta maaf karena pada hari Sabtu tidak bisa mengantarkan ke penerima sehingga status kiriman gagal dan dikirim lagi. Pokoknya rekomended banget, cocok sesuai namanya Ninja Xpress barang cepat sampainya. Lazada tidak salah menjalin kerjasama dengan Ninja Van sebagai ekspedisinya.

Baca: Call Center Ninja Xpress Yang Bisa Anda Hubungi

Kesimpulan Tentang Ninja Xpress

Sebenarnya ulasan di atas merupakan suatu bentuk keraguan mendapatkan kiriman Ninja Xpress karena sebelumnya belum pernah menggunakan jasa ini. Banyaknya feedback negatif tentang jasa pengiriman barang ini membuat beberapa buyer khawatir, termasuk Admin teraa.net. Sekali lagi pengalaman setiap orang menggunakan produk tertentu kesannya berbeda.

Memang ada sedikit ke khawatiran dengan Ninja Xpress mungkin hal tersebut dikarenakan tracking berbeda dengan jasa pengiriman barang lainnya yang secara jelas menyebutkan posisi barang berada. Di Ninja Xpress, Anda hanya dapat melihat status penjemputan berhasil dan pengiriman berhasil. Mungkin inilah kenapa dinamakan Ninja karena sulit dilacak, meskipun begitu dijamin 100% kiriman sampai ke tangan Anda tepat waktu dan selamat. Over All, Ninja Xpress sangat memuaskan.

10 thoughts on “Pengalaman Menggunakan Ninja Xpress (Ninja Van)

    1. Amin mudah-mudahan lancar, kalau barang belum sampai sesuai estimasi yang ditentukan Lazada silahkan hubungi call centernya saja supaya cepat diproses

  1. Wah membantu sekali melalui sharing ceritanya, alamat pengiriman Saya di Jombang, belanja di Lazada tau-tau dikirim via Ninja, jadi agak deg-deg khawatir, semoga saja segera sampai pesanan Saya

    1. Amien, semoga sampai dengan selamat. Buat pengalaman saja itu adalah risiko belanja online ongkir gratis jadi pembeli tidak bisa memilih jasa pengiriman barang, semuanya default dari Lazada

  2. Walah mas… kalau Saya mah parah ini baru pertama kali gunakan Ninja Xpress area kirim Jakarta Utara ke Jakarta Timur pengiriman paket dari Tokped, dijemput barang dari tgl 9 april 2018 info kirim bilangnya tanggal 10-11 lah ini sampai tanggal 17 April 2018 barang ga sampai juga ditelpon sudah 4 kali tiap ditelpon tunggu 3×24 jam… lah tanggal 10 ke tanggal 17 berapa hari ya? barang Saya dibilang masih digudang sortir loh kenapa ga dikirim padahal kantor gudang sortirnya dari tempat Saya terima cuma 200 m ini koq ya ga dianter… jasa pengiriman yang parah… silakan aja dicek di status Saya di no resinya: TKNX148520403-0

    1. Untungnya Agan pake Tokped, jaminan uang kembali meskipun seandainya barang tidak sampai. Besok-besok jangan pakai Ninja Xpress lagi gan, bikin gregeten emang

  3. Min coba tolong cek resi ini ACOMM00000FFBB, tanggal Proses pengiriman itu hari dikirim ke rumah penerima atau ke daerah Saya soalnya di daerah saya nggak ada cabang Ninja Xpress

    1. Dalam proses pengiriman, tenang mas Ninja Xpress InsyaAllah profesional langsung diantarkan ke rumah. Biasanya nanti ditelpon/ SMS bila kurirnya dah mau sampe. Memang saat ini kantornya ada di beberapa kota besar saja, tetapi tetap mengantarkan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.